ID | EN

3 Cara Mudah Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Bagaimana langkah mudah tingkatkan kepuasan pelanggan?
Photo by Celpax on Unsplash  
 
Tiga langkah mudah di bawah ini bisa Anda terapkan untuk memperoleh pelanggan baru sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan lama. Yang perlu Anda ingat, berhasil atau tidaknya strategi pemasaran sebuah usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan dapat dipenuhi, baik untuk bisnis produk maupun jasa.
 
1. Pelayanan
Memberikan pelayanan berkualitas termasuk keramahan, ketepatan waktu pengiriman barang, penggunaan sistem pembayaran yang mudah dipahami pelanggan, hingga kontak untuk menyampaikan kritik dan saran wajib dimiliki setiap pebisnis, baik offline maupun online. Dengan begitu, pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan tidak ragu untuk melakukan pembelian.
 

Photo by Nong on Unsplash
 
2. Kualitas Produk
Apapun bisnis yang Anda jalani, tentunya Anda harus senantiasa memberikan memberikan produk atau jasa yang berkualitas. Selain itu, Anda juga wajib memastikan bahwa produk atau jasa tersebut terbebas dari kecacatan (kerusakan) hingga sampai di tangan pelanggan. Oleh sebab itu, terutama bisnis di bidang produksi wajib melakukan double crosscheck sebelum dikemas dan dikirim kepada pelanggan.
 
3. Harga
Penting untuk memperhatikan harga produk maupun jasa yang Anda tawarkan dengan kondisi pasar saat ini. Pelanggan senantiasa membandingkan biaya yang akan mereka keluarkan saat membeli produk atau menggunakan jasa. Mereka akan membandingkan apakah biaya tersebut sesuai dengan manfaat yang diperoleh atau tidak. Oleh sebab itu, sesuaikan juga harga dengan nilai (manfaat) produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Scroll To Top