ID | EN

Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil selama Pandemi

Tips yang dapat membantu para ibu hamil agar dapat menurunkan tingkat kecemasan mereka selama pandemi COVID-19.
Photo source: Pixabay
 
 
Di saat pandemi seperti sekarang ini, mengendalikan kecemasan bisa menjadi hal yang sulit. Apalagi bagi ibu hamil, mengingat mereka membawa nyawa dalam rahim mereka. Meski begitu, cobalah untuk mengingat bahwa kecemasan adalah respons normal terhadap situasi yang mengancam, sehingga dapat dimengerti bahwa begitu banyak orang merasa seperti ini sekarang. Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu Anda merasa lebih terkendali.
 
Dihimpun dari tommys.org yang bertanya kepada Dr Michelle Tolfrey, Psikolog Klinis Senior serta Co-Founder dan Direktur Klinis di Talking Heads, sebuah layanan psikologi yang berbasis di London, untuk tips yang dapat membantu para ibu hamil agar dapat menurunkan tingkat kecemasan mereka.
 
1. Hindari Mengonsumsi Berita secara Konstan
Terus-menerus menonton atau membaca berita terbaru hanya akan menambah kecemasan Anda. Cobalah untuk berkonsentrasi pada apa yang perlu Anda ketahui dan abaikan yang lainnya. Hanya baca sumber informasi tepercaya dan hindari media sosial. Anda dapat mencoba membaca tentang apa yang terjadi di pagi hari dan kemudian fokus pada hal-hal lain untuk sisa hari itu. Cobalah untuk menghindari paparan berita selama setidaknya satu jam sebelum tidur.
 
Jika Anda ingin menghindari berita sepenuhnya tetapi khawatir akan melewatkan informasi terbaru, Anda dapat mencoba meminta pasangan, teman, atau anggota keluarga Anda untuk menginformasikan Anda tentang berita yang relevan.
 
2. Bawa Diri Anda Kembali ke Saat Ini
Memikirkan apa yang mungkin terjadi atau “bagaimana jika?” Adalah respons yang sangat normal di masa-masa yang tidak pasti ini. Manusia suka merasa mengendalikan hal-hal, jadi mencari jawaban dan mencoba memprediksi apa yang akan terjadi hanyalah cara otak kita untuk mencoba membantu kita merasa aman.
 
Tetapi memfokuskan secara berlebihan pada pemikiran-pemikiran ini juga tidak membantu karena hanya akan membuat diri Anda mengajukan banyak pertanyaan yang mana Anda sendiri tidak tahu jawabannya. Fokus lah pada apa yang Anda rasakan ]dan apa yang Anda lakukan sekarang.
 
Misalnya, saat Anda membuat minuman panas, berdirilah dan perhatikan ketel mendidih. Perhatikan bunyi, bau dan apa yang bisa Anda lihat. Fokus pada setiap langkah. Bagaimana teh celup terlihat saat Anda memerasnya? Pola apa yang dibuat susu saat Anda menuangkannya ke dalam cangkir? Cukup perhatikan saja, tanpa penilaian. Kembalikan pikiran Anda pada apa yang Anda lakukan ketika mulai terganggu.
 
Selain itu, cobalah untuk fokus pada pernapasan Anda dan perlambat ritme pernapasan pada kecepatan yang menenangkan. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Breathing Zone untuk melakukan ini,.
 
3. Panggil Teman atau Anggota Keluarga
Melepaskan segala sesuatunya dan membicarakan kekhawatiran Anda dengan teman, anggota keluarga, atau kolega yang pengertian dan dapat dipercaya bisa membuat perbedaan yang signifikan. Bicaralah dengan seseorang yang Anda cintai tentang bagaimana perasaan Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian.
 
4. Berbaik Hatilah pada Diri Sendiri
Beberapa kecemasan adalah reaksi alami terhadap apa yang terjadi di dunia. Beberapa wanita hamil merasa tertekan atau bersalah karena merasa cemas ketika semua orang mengharapkan mereka bahagia, tetapi juga wajar untuk merasa sedikit cemas ketika Anda hamil, terlebih lagi sekarang.
 
Jangan menyalahkan diri sendiri tentang hal ini. Cobalah untuk menerima bahwa tidak mungkin Anda bisa menghilangkan perasaan ini sepenuhnya. Disarankan untuk fokus pada relaksasi sebaik mungkin. Cobalah teknik pernapasan yang menenangkan atau unduh aplikasi yang berfokus pada kesehatan mental, seperti Headspace atau Calm.
 
5. Fokus pada Kesejahteraan Anda
Mengambil langkah aktif untuk tetap sehat dan sehat akan membantu Anda mengelola kecemasan dan membuat Anda merasa lebih terkendali, seperti langkah-langkah di bawah ini:
 
  • tetap aktif sebisa mungkin
  • hindari kafein
  • jangan merokok atau minum alkohol
  • makan makanan yang baik
  • minum banyak air
  • menerapkan kebiasaan tidur yang teratur.
 
Ada juga hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan diri seperti menyusun sebuah toolkit yang menenangkan diri. Belajar bagaimana melakukan hal-hal yang dapat menenangkan kita adalah sesuatu yang perlu kita praktikkan.
 
6. Mengalihkan Perhatian Anda
Jika Anda merasa pikiran Anda berputar di luar kendali, mungkin ada baiknya Anda mencoba untuk mengalihkan perhatian Anda. Kecemasan dapat membuat Anda sangat sulit untuk berkonsentrasi, jadi cobalah untuk membuatnya tetap sederhana. Anda bisa mengalihkan perhatian dengan membaca majalah di taman, menjawab teka-teki silang, merajut, melukis, mandi atau menonton serial komedi favorit Anda.
 
7. Bicaralah dengan Bidan atau Dokter Kandungan Anda
Kecemasan dalam kehamilan sangat umum dan bagi banyak orang kemungkinan akan meningkat saat ini. Karena itu kadang-kadang sulit untuk mengetahui apakah perasaan Anda dapat dikendalikan atau tanda dari sesuatu yang lebih serius.
 
Percayalah pada diri Anda sendiri. Anda yang terbaik menilai apakah perasaan Anda normal atau tidak. Teruslah berbicara dengan mereka yang merawat Anda karena mereka dapat mengeksplorasi jika Anda mungkin memerlukan lebih banyak dukungan.
 
Jika Anda merasa sangat cemas atau mengalami serangan panik selama kehamilan, penting untuk meminta bantuan. Beri tahu bidan atau dokter Anda tentang apa yang Anda rasakan. Mereka akan membantu Anda mengakses perawatan dan dukungan yang tepat, jika Anda membutuhkannya.
Scroll To Top