ID | EN

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Buah Ini

Bagi Anda yang sedang mengalami radang tenggorokan, berikut buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasinya.
Photo by Jo Sonn on Unsplash
 
Di musim pancaroba seperti ini ada banyak alasan mengapa banyak orang terserang penyakit, seperti radang tenggorokan. Mulai dari daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit hingga mengonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan radang tenggorokan. Bagi Anda yang sedang mengalami radang tenggorokan, berikut buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasinya.
 
1. Pisang
Sering kali penderita radang tenggorokan malas untuk makan karena merasa sakit saat menelan. Tekstur lembut pisang memudahkan penderita radang tenggorokan untuk tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C, B6 dan kalium dalam buah pisang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan.
 
2. Nanas
 
Agar tidak menimbulkan rasa gatal di tenggorokan, Anda dapat mencuci potongan nanas dengan air garam. Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat mengurangi radang tenggorokan sekaligus mengurangi risiko penyakit arthritis.
 
 
3. Tomat
 
Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, tomat sangat baik untuk meredakan radang tenggorokan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dapat dikonsumsi langsung, Anda juga dapat mencampurnya dengan sedikit gula pasir atau madu dan air hangat. Wedang tomat yang mampu meringankan radang tenggorokan sekaligus meredakan flu tersebut dapat Anda minum sebelum tidur.
 
4. Kiwi
 
Di balik ukurannya yang kecil, kiwi menyimpan banyak manfaat. Vitamin C dan B6-nya dipercaya mampu meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu kalsium, zat besi, magnesium-nya juga memberi perlindungan pada tubuh dari radikal bebas.
 
5. Semangka
Sekitar 92% air terkandung di dalam buah satu ini. Selain air, vitamin C dan selenium-nya baik untuk menghilangkan rasa nyeri pada tenggorokan. Vitamin C pada semangka juga membantu mencegah sariawan, peradangan pada bagian tubuh lain dan kanker.
Scroll To Top