ID | EN

Banyak Kupu-kupu dan Kelinci di Taman Kunci

Taman Kunci berisi kupu-kupu dan kelinci.

Menghabiskan hari libur tanpa harus mengeluarkan banyak uang? Bisa kok! Main saja ke Taman Kunci di Tangerang! Taman Kunci? Ya, Taman Kunci merupakan singkatan dari kupu-kupu dan kelinci. Taman ini menjadi bagian dari program taman tematik yang digalakan oleh Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang.

Dari sekian banyaknya taman yang ada di Kota Tangerang, Taman Kunci merupakan salah satu destinasi wisata edukatif yang menarik. Taman ini terletak di Jalan Thamrin, Cikokol, Tangerang dan berseberangan dengan Taman Potret. Taman seluas 8000 m2 ini menyuguhkan suasana asri dengan pepohonan rindang dan beberapa tempat duduk untuk pengunjung yang ingin bersantai. Taman Kunci membuat suasana di jantung kota Tangerang sedikit lebih hijau.

Sesuai namanya, taman ini juga menjadi tempat pemeriksaan dan pengawasan yang sangat ketat dan intens terhadap kupu-kupu dan kelinci. Hal itu terlihat dari upaya pengurus taman yang memberi jarak bagi para pengunjung yang ingin melihat agar tidak berinteraksi langsung. Pengunjung hanya dapat melihat-lihat dari luar kandang. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada awal dibukanya Taman Kunci, pengunjung diperbolehkan bermain bersama kelinci yang sengaja dilepas di sekitar taman. Walaupun terkesan lebih alami, namun keamanan dan kesehatan kelinci kurang terjamin.

Pengurus taman selalu mengecek kesehatan kelinci secara berkala tiap dua minggu sekali. Jadi, jika ada kelinci yang sakit, akan segera dipisahkan dan dikarantina hingga sehat kembali. Kelinci-kelinci di sini juga diberi makan secara rutin, seperti pelet kelinci, wortel, kangkung, rerumputan, dan sayuran lainnya.

Selain kelinci, di sini juga terdapat koleksi kupu-kupu yang dibiarkan hidup bebas di sebuah bangunan unik berbentuk dome yang berdiri di tengah taman. Kupu-kupu dengan warna-warna yang indah pun langsung menyambut Anda begitu masuk ke dalam dome ini.

Taman Kunci bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang tak hanya murah, tapi juga dapat mengedukasi. Sempurna untuk mengisi libur akhir pekan bersama keluarga!

Scroll To Top