ID | EN

Cari Tahu Restoran yang Layani Delivery dan Takeout Lewat Google Maps

Google Maps menambah fitur baru untuk mengetahui restoran yang menyediakan layanan “takeout” (ambil pesanan sendiri) dan “delivery” (pesan antar).

Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar orang di lebih dari 200 negara melakukan karantina. Berangkat dari persoalan ini, Google Maps menambah fitur baru, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan restoran terdekat yang menyediakan opsi “takeout” (ambil pesanan sendiri) dan “delivery” (pesan antar).

Jika setelah sekian lama Google Maps menyediakan fitur yang memudahkan pengguna menemukan restoran dan kedai kopi terdekat, namun sekarang pengguna dapat memanfaatkan opsi “takeout” dan “delivery” di aplikasi.

Fitur baru ini juga dapat membantu menjaga bisnis restoran, karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tidak memperbolehkan pemilik restoran melayani pelanggan makan di tempat.

Pengguna dapat menemukan kedua fitur tersebut pada halaman muka aplikasi Google Maps baik di iOS maupun Android. Pengguna akan menemukan opsi "delivery" dan “takeout” yang terletak di bawah kolom pencarian.

Cara menggunakannya juga mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Maps dan memilih opsi "delivery" atau “takeout”. Selanjutnya, Google Maps akan secara otomatis menampilkan daftar restoran di sekitar pengguna, yang menyediakan layanan pesan antar atau ambil pesanan. Informasi tersebut ditampilkan pada halaman peta yang ditandai dengan ikon "sendok dan garpu".

Selain itu, Google Maps juga menyediakan informasi berupa jarak, jam buka, alamat, nomor kontak, hingga menu yang ditawarkan restoran tersebut. Untuk mendapatkan layanan pemesanan dan antar, pengguna bisa menghubungi nomor yang tercantum pada kolom informasi. Untuk opsi “takeout”, pengguna yang memesan makanan harus datang dan mengambil sendiri pesanan mereka ke restoran.

Scroll To Top