ID | EN

Efektivitas dalam Simplisitas

“Kesederhanaan dapat menjadi lebih sulit daripada kompleksitas. Anda harus bekerja keras untuk dapat menyederhanakan hal yang rumit.” – Steve Jobs
 
 
Tidak jarang kita menemukan website yang penuh sesak dengan tulisan dan gambar yang tidak perlu. Twitter feed, posting-an Facebook, galeri gambar, drop-down menu, dan tombol share yang tidak tertata dengan baik akan menyebabkan stres dan ketidaknyamanan ketika melihatnya. Pikirkan apa yang benar-benar penting untuk disampaikan dan singkirkan hal yang tidak perlu, dengan dimikian, pengunjung akan lebih mudah untuk mengingat pesan yang disampaikan, sehingga segalanya akan menjadi lebih efektif dan efisien.
 

Photo by Gulom Nazarov on Unsplash
 
Seperti yang dituturkan Steve Jobs, simplisitas terkadang merupakan konsep yang sukar untuk dikuasai. Kesederhanan tidak hanya tentang tampilan yang cantik, tapi juga tentang bagaimana suatu website dapat menjadi user-friendly dan menarik lebih banyak pengunjung. Ini tentang bagaimana memahami orang-orang, mendapatkan insight, dan melihat dari berbagai perspektif. Sebelum jari mengetik kode dan huruf, ada baiknya kita menjadi pribadi yang empatik dan penuh pertimbangan. Ingat bahwa apa yang Anda buat bukan untuk diri Anda sendiri, namun juga orang lain. 
 
Steve Jobs menguasai seni simplisitas meskipun ia bukanlah seorang web designer. Mengapa? Karena ia mau berepot-repot untuk memahami.
Scroll To Top