ID | EN

Perpustakaan Keliling a la Komunitas Buku Berkaki

Buku Berkaki mengembangkan minat baca anak dengan perpusatakaan keliling.

Sudah pernah dengar komunitas bernama Buku Berkaki? Buku Berkaki merupakan komunitas yang berdiri sejak tanggal 30 September 2011 dengan tujuan mulia, mengembangkan minat baca pada anak-anak kurang beruntung.

Itu sebabnya, komunitas yang mirip dengan perpustakaan keliling ini menargetkan dirinya untuk mengunjungi beberapa panti asuhan, lapak pemulung dan lokasi yang kerap disinggahi anak jalanan, seperti Rumah Belajar Rawamangun, Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA), Rumah Belajar IndoCharity, Komunitas Pemuda Peduli Jakarta dan adik-adik di Kampung Akuarium.

photo source: bukuberkaki.org

Buku-buku yang dibawa disesuaikan dengan tempat yang mereka kunjungi dan tentu saja dapat dinikmati mulai dari anak-anak hingga SMA. Konsep yang ditawarkan oleh Buku Berkaki cukup unik, koleksi buku yang dipinjamkan untuk panti asuhan, rumah belajar dan lokasi lain dapat dinikmati selama satu sampai dua minggu, setelah itu akan ditukar dengan koleksi buku lainnya.

photo source: bukuberkaki.org

Buku Berkaki membuka donasi buku yang akan disebarkan ke daerah-daerah terpencil. Menariknya, Anda juga bisa menjumpai komunitas ini di luar wilayah Jabodetabek, seperti Bandung, Jogjakarta, Surabaya hingga Pontianak.

Scroll To Top