ID | EN

10 Rekomendasi Kuliner Enak Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi (Part 1)

Bandung adalah surganya makanan-makanan enak. Bila Anda berkunjung dalam waktu singkat ke kota ini, berikut ini adalah panduan rekomendasi kuliner enak di Bandung!
Photo by Hanxiao on Unsplash
 
Bandung memang sudah dikenal dengan gudangnya kuliner lezat dengan harga yang terjangkau. Kota ini memiliki kuliner yang tidak terdapat di kota lain. Kuliner Bandung memiliki rasa yang autentik dan bikin pecinta kuliner kangen dengan kuliner khas kota ini. Yuk, cari tahu destinasi kuliner mana saja yang wajib dikunjungi!
 
 
Lotek Kalipah Apo
Tempat makan yang satu ini terkenal dengan loteknya. Lotek adalah semacam gado-gado namun bedanya ada kencur pada bumbu kacangnya. Lotek adalah makanan terkenal di Bandung. Selain menu lotek di sini ada menu prasmanan nasi rames dengan berbagai macam pilihan menu lauk dan sayur yang bisa dipilih. Ada juga berbagai macam jenis rujak dan juga aneka kolek seperti kolek pisang, candil, bubur pacar, bubur lemu, bubur hanjeli, dan masih banyak lagi. Makan di sini benar-benar memanjakan lidah dan perut Anda. Lotek Kalipah Apo berada di Jalan Kalipah Apo no. 42.
 
Dapoer Pandan Wangi
Rumah makan khas Sunda ini terletak di dua lokasi, yaitu Jl.Patuha dan Jl. Terusan Pasirkoja. Nah, tempat makan ini terkenal dengan Terong Raos. Terong Raos merupakan menu favorit dan wajib dicoba. Diolah dengan bumbu spesial dan digoreng garing hingga crispy. Berbagai pilihan menu lainnya yang jangan tertinggal untuk dicicipi adalah Sop Gurame Merah, Ikan Gurame Rica, Ikan Gurame Acar Kuning, Sop Buntut Kecap, Tumis Jambal, Hampas Kecap, Tumis Keciwis, Sambal Jengkol, dan juga Sambal Dadak. Tahukah Anda? Pak Presiden Jokowi beserta rombongan pernah bersantap siang di sini, lho. Jadi sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kualitas hidangannya.
 
 
Bakmie Linggar Jati
Tempat makan bakmie bakso ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Di sini terdapat menu bakmie kuah, yamin manis maupun asin. Bisa pesan dengan bakso, pangsit, tahu bakso, siomay kuah, dan juga babat. Harga satu porsinya rata-rata mulai Rp50.000,-. Dapat dipesan satu porsi ataupun setengah porsi. Jangan lupa untuk memesan Es Alpukat. Karena di sini Es Alpukatnya rasanya segar dan lezat. Pas banget dinikmati sehabis makan semangkuk bakmie bakso. Buat Anda yang mau mampir ke sini letaknya berada di Jalan Balong Gede. Tidak jauh dari Masjid Alun-Alun Kota.
 
Restoran Queen
 
 
Rumah makan Chinese yang satu ini juga merupakan rumah makan yang legendaris. Berada di Jalan Dalem Kaum, tidak jauh dari Mesjid Alun-Alun. Kalau ke sini, Anda wajib memesan Kepiting Cingkong. Selain itu restoran ini juga menyajikan menu Juanlo, Sup Jagung Telur Kepiting yang wajib dicoba, Gurame Tausi, Gurame Asam Manis, Nasi Goreng Hangcow, Sapi Ca Kailan, Babi Hong, dan masih banyak lagi menu-menu istimewa lainnya yang lezat. Bisa dikatakan restoran ini adalah the best Chinese restaurant in town!
 
Batagor Riri
Batagor atau baso tahu goreng merupakan kuliner Nusantara yang memiliki banyak penggemarnya. Salah satu batagor legendaris di Bandung adalah Batagor Riri. Batagor Riri sudah berdiri sejak tahun 1985. Tak sampai di sana, batagor ini merupakan batagor favorit orang Bandung maupun luar kota, lho. Banyak dari kalangan pejabat hingga selebriti Tanah Air yang sengaja datang ke Bandung hanya untuk mampir ke sini. Karena batagor ini memiliki bumbu kacang yang kental dan gurih. Ditambah lagi siraman kecap manis membuat rasa batagor semakin lezat. Kuliner ini juga bisa dijadikan buah tangan untuk orang-orang terdekat. Batagor Riri berada di Jalan Burangrang no.41.
 
 
Siomay Tulen
Siomay ini rasanya juara. Bumbu kacangnya gurih dan semakin nikmat dituangkan kecap dan perasan jeruk limau. Harga siomay dibandrol Rp8.500,-per buah. Tapi antara rasa dengan harga worth it banget! Selain siomay, di sini juga terdapat pilihan tahu, kentang, telur, kol dan pare. Buat Anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Bandung, Siomay Tulen juga terdapat kemasan vacuum pack sehingga aman dan tahan lama bila disimpan di dalam freezer. Pusatnya berada di Situ Indah. Namun ada beberapa cabangnya seperti di Jalan Setiabudi, Jalan Diponegoro, Jalan Sukajadi, Jalan Buah Batu, Jalan Pagarsih, Jalan Holis, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Pasirkaliki.
 
 
Warung Nasi Ibu Imas
Warung nasi ini merupakan salah satu destinasi kuliner popular dan wajib jika Anda mengunjungi Bandung. Tempat makan ini menyajikan masakan Sunda, seperti ayam bakar, ayam goreng, pepes tahu, pepes teri, ikan goreng, limpa, ati, ampela, usus, perkedel kentang, bakwan udang, tahu, tempe, pete, sayur asam. Yang terkenal di warung makan ini adalah sambal dadaknya yang pedas dan juga sambal leunca. Sambal leuncanya cocok dimakan dengan kerupuk maupun nasi hangat. Berada di Jalan Balong Gede. Masih sejalan dengan Rumah Makan Bakmie Linggar Jati.
 
 
Iga Bakar Mang Jangkung
Sesuai dengan namanya menu yang terkenal di sini adalah iga bakarnya. Di sini terdapat iga bakar sapi dan kambing. Uniknya langsung dibakar di kuali untuk kita makan. Selain iga, di sini juga terdapat tongseng kambing, tongseng, ayam, tengkleng sapi, tengkleng kambing, tengkleng ayam, nasi goreng, berbagai macam sate, dan juga sop bakar. Tempatnya luas dan selalu ramai pengunjung, apalagi kalau jam makan siang dan malam. Harga rata-rata makan di Iga Bakar Mang Jangkung mulai Rp50.000,- per orang. Tempat makan yang satu ini terletak di Jalan Cipaganti no.75G.

Kupat Tahu Gempol
Kupat tahu mirip dengan ketoprak. Bedanya disajikan dengan lontong, tahu, tauge, bumbu kacang, kecap, perasan jeruk limau, dan kerupuk sebagai topping. Makanan ini cocok sekali dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Kalau ingin makan kupat tahu enak di Bandung adanya di Jalan Gempol. Itu sebabnya tempat makan ini dinamakan dengan Kupat Tahu Gempol. Letaknya di Pasar Gempol sehingga mudah untuk dicari. Kupat Tahu Gempol sudah ada sejak tahun 1965 dan masih eksis hingga sekarang.
 

Photo by Lama Roscu on Unsplash
 
PT Rasa
Nah, kalau kuliner yang satu ini merupakan kuliner tempo dulu. Kafe ini sudah berdiri dari tahun 1910. Di sini terkenal dengan es krim dan berbagai macam kue yang beraneka ragam. Untuk es krim sebut saja Hawaian Love Song dan Mochaccino Bliss hingga Banana Split masih menjadi menu favorit para pengunjung setianya. Sedangkan Bitter Ballen dan Kroket jangan dilewatkan sebagai menu pembuka. Selain itu Anda juga dapat menikmati hidangan utama seperti Soto Betawi, Laksa, Nasi Goreng Rasa, dan masih banyak lagi. Penasaran? Langsung saja datang ke Jalan Tamblong. Letaknya tidak jauh dari Hotel Preanger.
Scroll To Top