ID | EN

12 Kuliner Di Medan Yang Terkenal & Wajib Coba!

Tempat kuliner lezat yang wajib dikunjungi di Medan. Yuk, simak!
Photo by Afif Kusuma on Unsplash
 
Medan terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam dan memiliki cita rasa tersendiri. Jika Anda sedang bepergian ke Kota Medan dan membutuhkan rekomendasi tempat makan yang enak dan popular, coba kunjungi beberapa tempat berikut ini.
 
1. Sate Memeng

Photo source: @memengid (Instagram)
Tempat makan sate yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Sate Memeng memiliki racikan bumbu yang khas sehingga membuat sate ini menjadi destinasi kuliner favorit banyak orang. Di sini Anda bisa memilih sate daging sapi, kambing, maupun ayam. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja datang ke Jalan Irian Barat No.1 , Gang Buntu, Medan Timur.
 
2. Soto Sinar Pagi

Photo source: www.makanmana.net
Jangan heran kalau datang ke sini sudah banyak orang yang mengantre. Karena soto ini memang terkenal akan kelezatannya. Tempat ini sudah buka dari jam 07.00 pagi. Pas banget bagi Anda yang sedang mencari sarapan pagi. Soto Sinar Pagi berada di Jl. Sei Deli No. 2D, Medan Barat.
 
3. Kedai Kopi Apek

Photo source: @kedaikopiapek (Instagram)
Ingin mencoba kopi khas Medan? Tandanya Anda wajib mencicipi Kopi Apek. Ternyata kedai kopi ini sudah ada dari tahun 1922 lho! Berarti sudah eksis selama 100 tahun hingga saat ini. Tidaklah heran jika tempat ini kental dengan suasana tempo dulu. Kedai Kopi Apek berada di Jl. Hindu No.37.
 
4. Ucok Durian

Photo source: ucodurianmedan.id (Instagram)
Bila Anda penggemar durian, belum afdol kalau ke Medan tidak mampir dan mencicipi Ucok Durian. Karena di sini memang surganya durian dan buka setiap hari. Berada di Jl. KH. Wahid Hasyim 30-32.
 
5. Lontong Kak Lien

Photo source: @lontong_kaklinmedan (Instagram)
Sekilas memang Lontong Medan mirip dengan lontong sayur. Namun, ketika sudah dicicipi rasanya berbeda dengan lontong sayur biasa. Rasanya yang khas dan gurih membuat Lontong Medan menjadi salah satu kuliner favorit warga Medan maupun pendatang. Nah, Lontong Kak Lien juga merupakan kuliner favorit sejuta umat. Adanya di depan SMA 1 Medan dan sudah buka dari jam 06.00 pagi.
 
6. Bihun Asie Kumango

Photo source: @mieayamkumangomedan (Instagram)
Karena letaknya di Jl. Kumango, maka dari itu dikenal dengan Bihun Asie Kumango. Tempat ini khusus menjual bihun bebek yang diracik dengan kaldu bebek yang gurih dan lezat. Harga seporsi bihun bebek di sini bisa dikatakan cukup mahal yaitu Rp60.000/porsi, namun worth it to try dan tidak bakal menyesal untuk mencobanya.
 
7. Jalan Semarang

Photo source: www.restaurantguru.com
Kalau di Jl. Semarang ini khusus surganya kuliner Chineese food karena daerah ini merupakan pecinan di Medan. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan masakan Chinesee yang lezat dari yang halal sampai non-halal. Menu yang bisa Anda temukan di sini mulai dari samcan goreng, ifumie, ciongfan, wokfen, dan masih banyak lagi. Namun peru diingat, kawasan kuliner ini baru buka pukul 17.00 WIB. Jadi buat yang lagi cari makan malam bisa ke sini nih!
 
8. Pagarayung

Photo source: www.travelingmedan.com
Berbeda dengan wisata kuliner di Jl. Semarang yang banyak menawarkan jajanan Chineese food. Di kawasan Pagarayung Anda akan lebih banyak menemukan kuliner Nusantara. Bahkan di sini Anda juga bisa menemukan makanan India lho! Pusat kuliner yang sudah ada sejak 20 tahun wajib dikunjungi bila Anda mengunjungi Kota Medan.
 
9. Restoran Tip Top

Photo source: @tiptopmedan (Instagram)
Buat Anda penggemar berat es krim, wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1929, namun berubah nama menjadi Tip Top Restaurant di tahun 1934 hingga sekarang. Es krim yang dibuat di sini pun merupakan resep asli zaman Belanda dulu. Sebut saja beberapa menu es krim yang wajib dicoba seperti, Moorkop, Java Ice, Carmen Ice, Ystaart, dan Pukler. Selain ada juga beberapa rekomendasi menu makanan lain yang harus dicoba yaitu, bistik sapi, bistik ayam, bistik udang, nasi goreng spesial, Uitsmijter Lidah Lembu, dan Huzaren Salad. Rasanya benar-benar otentik resep tempo dulu.
 
10. Rumah Makan Sipirok

Photo source: @sopsipirok (Instagram)
Menu yang disajikan di rumah makan ini adalah sop daging dan sumsum. Ternyata resep sop di sini merupakan warisan turun temurun keluarga. Rasanya kaya akan rempah, manis, asin, dan gurih. Dagingnya pun dimasak empuk sehingga bumbunya pun meresap ke dalam daging. Mantap! Tertarik untuk bersantap di sini, langsung saja meluncur ke Jl. Raya Sunggal No.14, Simpang Tanjung Medan, Medan.
 
11. Bika Ambon Zulaikha

Photo source: @zulaikhabikaambonn (Instagram)
Bika Ambon merupakan oleh-oleh khas Kota Medan. Bika Ambon Zulaikha memiliki dua jenis ukuran yaitu ukuran besar dan ukuran kecil. Untuk Bika Ambon original ukuran besar harganya Rp73.000. Sedangkan untuk Bika Ambon Original ukuran kecil harganya Rp38.000. Bika Ambon Zulaikha memiliki berbagai macam pilihan menu lainnya seperti Bika Ambon rasa cokelat, pandan, durian, keju, dan moka. Selain itu di sini juga ada menu Lapis Legit original yang lezat yang dijual seharga Rp100.000 untuk ukuran besar dan Rp50.000 untuk ukuran kecil. Untuk Lapis Legit juga memiliki berbagai macam varian rasa. Bika Ambon Zulaikha beralamat di Jl. Mojopahit 70A-C, Petisah Tengah, Medan.
 
12. Kari Tabona

Photo source: @tabona.id (Instagram)
Restoran yang satu ini terkenal dengan menu kari. Di sini Anda bisa memesan kari dengan pilihan daging sapi atau ayam. Dan bisa memilih mau dengan nasi atau bihun (mie). Kuahnya pun kental dan gurih, menjadikan restoran ini selalu ramai pengunjung. Buka dari jam 06.30 sampai 17.00 WIB. Kari Tabona juga bisa menjadi opsi tempat sarapan pagi yang lezat dan pastinya mengenyangkan perut.
 
Jangan lupa catat dan save 12 rekomendasi tempat makan di Medan ini ya, guys! Siapa tahu kalau lagi jalan-jalan ke Medan, Anda bisa mencoba salah satu atau mungkin beberapa di antaranya.
Scroll To Top