ID | EN

6 Cara Agar Aktivitas Harian Lebih Teroganisir

Memiliki cara bekerja yang benar dapat menghindari stress dan memperbaiki kehidupan seseorang. Mau tau caranya?
Photo by ConvertKit on Unsplash
 
1. Buat Rencana Untuk Seminggu
Buatlah daftar rencana penting setiap harinya selama satu minggu. Catatlah target dan prioritas utama yang harus dicapai selama satu minggu ke depan. Dengan membuat mapping pekerjaan maupun aktivitas selama satu seminggu ke depan secara terorganisir, maka akan memudahkan kefokusan Anda untuk menjalani pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari. Tulislah rencana untuk satu pekan di hari Minggu. Catatlah target yang ingin dicapai setiap harinya dalam satu minggu. Misalnya, di hari Senin tulislah pada weekly plan untuk follow up klien dan tanyakan keberlangsungan kerja samanya bagaimana. Kemudian di hari Selasa hingga Kamis tulislah minimal 3 goals pekerjaan deadline yang harus selesai. Lalu di hari Jumat tulislah hal-hal yang harus dievaluasi mengenai pekerjaan di minggu tersebut. Dan pastikan untuk merencanakan kegiatan seru di akhir pekan bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat, agar keseimbangan dan kualitas hidup Anda tetap terjaga.
 
 
2. Buatlah To do List Untuk Esok Hari
Membuat rencana selama seminggu tentunya berbeda dengan membuat to do list harian. Setelah membuat rencana untuk satu pekan, penting bagi Anda untuk mengerucutkan secara detail hal-hal yang harus dilakukan dari daftar yang sudah dibuat dan ingin Anda capai setiap minggunya. Hal tersebut dituangkan ke dalam To Do List harian. Membuat daftar To Do List harian bertujuan supaya Anda bisa lebih fokus dan teratur dalam mengerjakan pekerjaan. Dengan demikian, Anda tahu pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu atau menentukan skala prioritas. Sebaiknya To Do List dibuat semalam sebelum Anda beraktivitas pada keesokan harinya. Agar ketika bangun, Anda sudah memiliki guidence apa saja yang harus dikerjakan hari tersebut. Selain itu, hal ini memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
 
3. Kerjakan Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Kurang Dari 5 Menit
Yes! Kerjakanlah pekerjaan yang durasi waktunya dapat dikerjakan di bawah 5 menit. Hindari menunda pekerjaan mudah yang dapat dilakukan di bawah 5 menit. Karena dengan segera mengerjakan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam waktu yang singkat ini dapat menghindari Anda dari kekacauan dan perasaan stres.
 
4. Ciptakan Ritual Pagi Hari
Ciptakanlah ritual pagi yang akan menjadi rutinitas Anda setelah bangun setiap harinya. Bangunlah lebih pagi setiap harinya untuk mempersiapkan kegiatan harian Anda. Sisihkanlah waktu untuk berolahraga, meditasi, menikmati secangkir kopi di pagi hari, menikmati sarapan pagi, mandi, dan bersiap-siap untuk memulai aktivitas harian Anda. Dengan memiliki ritual atau kebiasaan yang selalu dilakukan setiap harinya akan membuat hidup Anda lebih teratur, disiplin, serta membangun mood yang positif untuk menjalankan keseharian Anda. Dengan mengawali hari Anda dengan sesuatu yang positif, tentunya akan menarik hal-hal yang positif dan baik ke diri Anda.
 
 
5. Terapkan Peraturan Produktivitas 80/20
Rule of Procductivity 80/20 ini disebut juga dengan Pareto Principle. Ide dasar dari Pareto Principle ini adalah dengan Anda menyelesaikan 20% dari daftar tugas Anda, akan menghasilkan 80% dampak yang dapat Anda ciptakan pada hari tersebut. Jadi, investasikanlah sebagian besar energi dan waktu yang Anda miliki ke dalam tugas spesifik yang akan menciptakan dampak besar, dan juga memaksimalkan produktivitas.
 
6. Istirahat Yang Cukup
Ya, istirahat yang cukup merupakan salah satu aktivitas harian yang bisa membantu Anda agar bisa bekerja lebih fokus dan terorganisir. Tidurlah 7 hingga 8 jam setiap harinya. Tanpa istirahat yang cukup tentunya seseorang tidak dapat menikmati ataupun memperbaiki kualitas kehidupannya. Agar semuanya berjalan sesuai dengan harapan, Anda harus berisitirahat yang cukup untuk kesehatan fisik, jiwa, maupun pikiran. Kurang tidur akan menyebabkan seseorang mudah marah dan kehilangan konsentrasi.
Scroll To Top