ID | EN

6 Ciri Bos Yang 'Toxic' Di Kantor

Mau tahu ciri-ciri apakah Anda bekerja dengan boss yang toxic? Beberapa diantaranya tidak ingin disalahkan. Simak dan Temukan 1 dari 6 hal berikut ini!!
Photo by Jason Goodman on Unsplash
 
Banyak perilaku manajemen yang 'toxic' dalam perusahaan seperti men-downgrade orang yang tidak pada tempatnya dan akan membuat mereka yang merasakannya akan membuat orang cepat resign atau berkompetisi. Apakah Anda sering dan pernah menemukannya? Berikut 6 hal yang sangat menonjol dari tingkah atau perilaku boss yang 'toxic'.
 
1. Mereka tidak dapat menerima hasil yang telah dipertanggung-jawabkan
Pernah bekerja dengan manajer/atasan yang selalu benar dan Anda selalu salah? Boss seperti ini kesulitan biasanya sering melakukan tindakan menyalahkan seseorang atau tidak akan mau untuk mengakui bahwa ia melakukan kesalahan. Tipe Manajer seperti ini lebih mementingkan menjaga reputasi dirinya dan egois. Mereka akan dengan mudah melimpahkan kesalahan orang hanya untuk menyelamatkan posisinya dari ketidakpastian.
 
2. Mereka Yang Narsis
Narsisis kurang empati, mereka memiliki keinginan kuat untuk melanggar aturan dan menentang status quo, cenderung terlibat dalam manipulasi untuk memajukan diri mereka sendiri dengan mengorbankan orang lain, dan terampil secara sosial dengan motif pendukung yang agresif. Apakah ini terdengar seperti bos Anda?
 
 
3. Mereka memperlakukan orang seperti benda
Orang-orang dipandang sebagai lebah pekerja yang melayani keinginan hierarki top-down untuk mendorong keuntungan dan membuat pemegang saham atau posisi yang lebih diatasnya merasa senang. Biasanya hanya sedikit memberikan perhatian kebahagiaan atau kesejahteraan karyawan atau tim. Konsekuensi dari tipe seperti ini, kehidupan pribadi atau keluarga seseorang dikorbankan demi pekerjaan. Akibatnya, Anda akan menghadapi tingkat stres, perputaran, ketidakhadiran, dan kelelahan yang tinggi.
 
4. Mereka hanya menjaga diri mereka sendiri
Satu-satunya perhatian mereka adalah kinerja individu mereka dan mendapatkan bonus tahunan. Manajer dengan sikap ini mempermainkan status tempat bekerja/perusahaan dan hanya fokus pada pencapaian mereka, serta pandangan mereka di hadapan atasan.
 

Photo by Sayo Garcia on Unsplash
 
5. Tidak memiliki moral
Individu yang licik...? Tipe atasan ini tidak memiliki moral dan cenderung licik dengan hati mereka yang berakar pada dominasi dan pencapaian, serta kekuasaan. Mereka menimbun informasi-informasi yang berharga, mengadu domba tim, dan cukup klise membentuk teman "dalam kelompok" sambil mengecualikan yang lain.
 
6. Mereka menyakiti Anda dengan kata-kata mereka
"Anda salah." Tidak ada orang yang mau mendengar kata itu. Ketika bos sering membicarakan hal ini, biasanya akan menyebabkan perselisihan. Karenanya, karyawan yang merasa menjadi sasaran dapat bertindak dalam kemarahan dan meningkat menjadi sebuah pertengkaran dengan konflik lebih lanjut.
 
Nah, dari 6 tipe dan ciri-ciri, apakah Anda pernah menemukan hal yang serupa pada kehidupan tempat kerja? Itu lah beberapa ciri-ciri bos yang toxic / menyebalkan di kantor yang sebaiknya diabaikan saja. Karena pada intinya mereka hanya ingin dianggap paling benar. Namun, perlu diingat juga bahwa di dalam satu perusahaan, peran boss seperti ini juga dibutukan, lho.. selama masih ternilai dan berdampak baik terhadap perusahaan.
 
“Just keep up your work and make a good result wherever you work with. Happy working!”
Scroll To Top