ID | EN

6 Gaya & Trend Interior Rumah Tahun 2022

Bebas berekspresilah untuk wujudkan rumah impian!
Photo by Kenny Eliason on Unsplash
 
Ingin mengubah dekorasi interior rumah Anda dengan tatanan yang lebih fresh? Alinear akan berbagi beberapa ide untuk membuat ruangan di rumah terasa lebih betah dan lebih baru untuk ditempati. Simak artikel berikut ini.
 
1. Kembalinya Gaya Retro
Kembalinya gaya retro merupakan kabar baik bagi Anda pengemarnya. Dilansir dari www.wallsauce.com, tahun 2022 ini akan diwarnai dengan nuansa interior tahun 1960-an, 1970-an, dan 1980-an. Munculnya kembali lantai marmer bisa menjadi pilihan untuk memberikan kesan retro dan juga glamor pada ruangan.
 

Photo source: montecito-estate.com
 
Furniture berbentuk bulat dan melingkar banyak ditemui di era tahun 1960-an dan 1970-an, dan juga banyak disukai banyak orang. Menyimpan meja bulat di tengah living room yang dipadukan dengan sofa berbahan halus dan licin seperti suede akan menjadikan interior rumah Anda kental dengan nuansa retro.
 
Menggantungkan cermin bulat pada dinding di atas meja konsul bisa mempermanis salah satu titik fokus rumah Anda. Menurut ilmu psikologi, ujung yang membulat baik untuk jiwa karena hal ini menciptakan hal yang mengalir. Sedangkan tepian yang halus membuat kita lebih rileks dan dapat lebih berpikir secara tenang.
 
2. Produk Interior Berbahan Organik

Photo source: medium.com
 
Bahan dekorasi yang terbuat dari bahan organik sedang in dan banyak diminati saat ini. Berikanlah sentuhan dekorasi berbahan organik pada ruangan, seperti pot tanaman yang terbuat dari bahan eceng gondok atau pajangan yang terbuat dari rotan. Tak hanya memberikan kesan ramah lingkungan, tetapi rumah Anda akan terlihat lebih stylish, fresh, dan modern.
 
3. Maksimalkan Fungsi Ruangan
Apakah rumah Anda memiliki spot yang tidak terpakai yang bisa dijadikan ruangan tambahan atau tempat yang lebih fungsional, namun tetap terlihat cantik? Misalnya, di bawah tangga biasanya memiliki ruangan tersisa yang tidak terpakai. Anda bisa memanfaatkannya sebagai spot yang lebih fungsional. Spot di bawah tangga ini dapat dijadikan tempat penyimpanan sepatu, atau dijadikan working space Anda yang ditata dengan sesuai selera.
 

Photo source: thenaturehero.com
 
Jika Anda memilih spot ini untuk dijadikan working space, lengkapilah dengan rak untuk menyimpan buku-buku dan laci untuk menyimpan stationary dan peralatan tulis lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan ornamen sebagai personal touch Anda seperti lukisan, foto, atau mungkin bunga favorit Anda. Dengan begitu, suasana bekerja pun akan terasa lebih nyaman dan Anda pun menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas.
 
4. Kembalinya Cottagecore
Anda yang penggemar gaya interior shabby? Sekarang waktunya Anda untuk bersinar, karena gaya Cottagecore kembali menjadi salah satu tren 2022! Cottagecore merupakan gaya rumah dan interior yang identik dengan pedesaan di Eropa. Gaya ini identik dengan wallpaper dan dekorasi bermotif bunga. Yes, wallpaper is back! Bila Anda kurang menyukai wallpaper, Anda bisa menggantinya dengan mural atau lukisan dinding yang bergambar bunga karena gaya Cottarage identik dengan interior dan dekorasi bunga.
 

Photo source: www.extraspace.com
 
5. Bubuhkan Warna Oranye
Pemilihan warna ruangan akan mempengaruhi mood seseorang yang menempatinya. Warna oranye merupakan warna yang mewakili pengharapan, keceriaan, dan kegembiraan. Sehingga warna ini dapat membangun mood Anda untuk kembali penuh dengan harapan, keceriaan, dan kegembiraan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bubuhkan warna oranye pada dekorasi Anda karena selain berkesan ceria, warna ini menjadikan ruangan terasa lebih hangat.
 

Photo source: design-milk.com
 
6. Hijau Menjadi Warna Favorit
Warna hijau memiliki kesan adem dan natural. Selain warna deep Emerald, warna hijau sage juga akan sering terlihat sepanjang tahun ini. Berencana merenovasi dapur? Warna sage bisa menjadi pilihan yang menarik untuk memperbaharui dapur sekaligus dapat memberikan kesan bersahaja namun tetap cantik. Anda bisa memilih kitchen cabinet berwarna sage yang dipadukan dengan counter top table marble atau granit warna putih dengan guratan abu-abu, serta cabinet door knob berwarna gold.
 

Photo by Thanos Pal on Unsplash
 
Mengecat dinding menjadi hijau pada salah satu sudut ruangan juga menjadi sesuatu yang hangat diperbincangkan saat ini. Selain menjadikan ruangan tampil berbeda, masukan juga dekorasi tambahan seperti tanaman palem yang disimpan di pot tanaman berwarna emas agar karakternya lebih menonjol. Jangan takut untuk bereksperimen dengan dekorasi lainnya, seperti karpet dan bantal-bantal yang membuat warna hijau ini semakin stand out.
Scroll To Top