ID | EN

7 Cara Sederhana Memulai Podcast

Mulailah Podcast dengan materi yang bermanfaat dan dapat mengedukasi Audiens.
Photo source: Unsplash
 
Tahukah Anda bahwa podcast dapat menambah value pada usaha atau bisnis Anda? Di era digital seperti saat ini kehadiran podcast dapat memberikan beberapa kelebihan dan keuntungan untuk Anda. Baik bermanfaat dan berguna sebagai personal branding atau branding bisnis Anda. Membuat podcast tidak harus menggunakan peralatan yang "Wah" atau mahal, apalagi kalau Anda baru ingin mencobanya. Namun, apabila Anda berencana untuk menekuninya, sebaiknya Anda juga mulai mempersiapkannya secara matang.
 
Seperti dilansir dari situs dewaweb.com, istilah podcast pertama kali diberikan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, pada tahun 2004. Kata podcast ini merupakan singkatan dari “play-on-demand” dan “broadcasting”. Kemudian pada akhirnya diadopsi oleh salah satu produk Apple, yaitu iPod dan aplikasi Apple Podcast. Buat Anda yang tertarik ingin membuat podcast tapi masih bingung bagaimana mulainya, yuk intip dulu bagaimana caranya!
 
1. Pilih Topik Yang Anda Suka
Pilihlah topik yang Anda sukai. Dengan memilih topik dan minat yang Anda sukai, tentunya Anda akan mengerjakannya dengan sepenuh hati, sehingga membuat konten podcast Anda menjadi lebih berbobot dan dilirik banyak orang. Misalnya, Anda menyukai topik keuangan, Anda dapat membahas konten tentang investasi, ekonomi, dll. Atau Anda menyukai topik horor, Anda bisa membahas cerita-cerita horor.
 

Photo source: Unsplash
 
2. Bentuklah Identitas Podcast
Membentuk identitas untuk podcast sama halnya dengan mengatur lapak dagangan atau etalase toko. Anda wajib menentukan bagaimana channel podcast yang akan dibangun, menentukan nama podcast channel, bagaimana mendesain cover podcast, menentukan berapa host yang akan terlibat dalam pembuatan podcast Anda, hingga berapa kali dalam sebulan podcast Anda tayang. Seluruh konsep tersebut wajib dipikirkan dan dibuat secara matang. Karena hal-hal tersebut merupakan komponen dasar dan penting untuk memulai podcast.
 
Ingin tampil lebih maksimal? Anda juga bisa membuat jingle sebagai musik intro podcast Anda. Banyak sekali aplikasi yang menyediakan berbagai jingle menarik untuk membuat podcast Anda lebih menarik di telinga pendengar. Contoh beberapa aplikasi yang menyediakan jingle untuk melengkapi kebutuhan podcast, diantaranya adalah Creative Commons Music, Royalty-Free Music, Pixabay, 909 Music on Soundcloud, dan Freemusicarchieve.org. Namun, sebelum mengunduh musik dari berbagai aplikasi ini, pastikan Anda membaca dengan benar terms and condition-nya, yah.
 
Apabila Anda berencana menggunakan servis atau layanan yang lebih profesional untuk membuat audio atau musik untuk podcast, saat ini banyak perusahaan digital yang menawarkan kustomisasi pembuatan audio atau musik untuk Podcast Anda, seperti SR Digital - Indonesia yang dapat Anda tuju langsung untuk pembuatan dengan layanan digital yang lengkap untuk podcast Anda.
 

Photo source: Unsplash
 
3. Mulai Rekam Suara Pakai Smartphone
Nah, untuk pemula yang ingin mencoba membuat dan memulai podcast, setelah Anda menemukan topik yang menarik dan ide konten, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan. Yang utama Anda harus lakukan adalah merekam suara terlebih dahulu. Caranya mudah, tinggal rekam suara dengan menggunakan smartphone sebagai langkah awal yang simpel apabila Anda belum memiliki modal yang cukup untuk membeli perlengkapan podcast Anda.
 
Dengan memiliki knowledge serta susunan narasi untuk dibicarakan di dalam podcast, serta perlengakapan seperti smartphone, laptop, dan headphone atau headset, Anda sudah bisa memulai podcast! Sebelumnya, make sure Anda merekamnya di ruangan yang hening agar kualitas suara yang dihasilkan terdengar jelas dan lebih terjaga. Anda tidak perlu khawatir tidak ada yang mendengar podcast Anda, selama materi podcast Anda bermanfaat dan berguna untuk pendengar.
 
4. Edit Hasil Rekaman Suara
Selama hasil rekaman podcast suaranya tidak memiliki banyak noise (suara berisik di latar belakang), it’s fine. Namun apabila Anda ingin kualitas suaranya lebih terdengar jelas dan empuk, Anda bisa mengeditnya menggunakan aplikasi Garageband atau Audacity. Software audio ini sangat membantu Anda untuk menemukan hasil edit audio yang sesuai dan lengkap dengan filter-filter audio yang diberikan, serta Anda dapat mengedit sendiri apabila Anda ingin mencobanya. Saat ini banyak panduan-panduan atau tutorial yang dapat Anda temukan di internet.
 

Ngobrol Seru Bareng Vannie Astecat (Fashion and Celebrity Stylist Indonesia), Like & Subscribe!
 
5. Buat Cover Podcast
Setelah selesai membuat konten, pastikan Anda tidak melupakan untuk membuat cover podcast yang menarik dan pas sebagai identitas podcast Anda. Lalu, kalau tidak memiliki skill untuk mendesain dan mengedit cover, bagaimana? Tenang, sekarang Anda dapat menggunakan template gratis seperti Canva atau aplikasi design online lainnya. Di sini Anda bisa mendesain berbagai macam desain untuk cover podcast Anda sesuai selera. Cara penggunaannya pun mudah bagi orang awam.
 
6. Unggah atau Upload Podcast Anda
Selanjutnya, silahkan menggunggah konten podcast Anda secara online di platform pilihan Anda. Beberapa opsi platform digital yang popular dan sering digunakan untuk menggunggah podcast, antara lain adalah Spotify, Google Podcast, Filmora, Joox, Noise, dan Spoon. Oh ya, Anda juga bisa menggunakan Youtube untuk podcast Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah materi atau konten podcast Anda ke beberapa social media seperti Facebook atau reels pada Instagram bisnis agar pendengar podcast Anda semakin lebih banyak.
 
Apabila Anda ingin podcast Anda featured dalam majalah kami, #PodcastDiManaAja adalah salah satu program baru dimana Anda dapat branding melalui podcast dengan kami, baik untuk personal branding ataupun bisnis Anda, serta termasuk dengan perencanaan marketing digital seperti publikasi online (majalah), promosi, dan iklan di beberapa platform social media yang dapat meningkatkan brand dan bisnis Anda secara efektif! Untuk pertanyaan atau keterangan lebih lanjut, silahkan klik link berikut, Alinear For Business atau Anda dapat menghubungi via WhatsApp kami.
 

Photo source: Unsplash
 
7. Buat Jadwal Podcast
Be consistent. Konsistensi adalah cara bagaimana Anda bisa mendapatkan banyak pendengar setia Anda. Dengan adanya jadwal yang teratur, maka Anda akan menggandeng pendengar setia Anda untuk menunggu podcast Anda selanjutnya.
 
Yuk, mulai branding usaha atau bisnis Anda dengan Podcast!
 
Kesimpulan:
  • Dapat menjadi materi online untuk brand dan bisnis.
  • Dapat menambah value pada brand atau bisnis.
  • Biaya sesuai dengan hasil yang didapatkan (perencanaan, proses pembuatan atau produksi, rekaman, edit rekaman, video, audio).
  • Mendapatkan dan meningkatkan trust pada brand atau bisnis terhadap konsumen.
Scroll To Top