ID | EN

Cara Pikir Ekspansif & Bagaimana Cara Memulainya

Cara sukses dalam berdiskusi secara kolektif/tim untuk menciptakan keuntungan serta solusi dan inovasi terhadap sesuatu. Simak!
 
Pemikiran Ekspansif adalah proses eksplorasi yang difokuskan untuk memfasilitasi kecerdasan kolektif atau tim. Ini unik karena setiap ide yang dibagikan dalam kelompok terhubung dengan ide yang dibagikan, dengan ide-ide yang “ditumpuk” di atas satu sama lain untuk membangun sesuatu yang baru dan bermakna.
 
Pemikiran ekspansif sederhana dalam konsep tetap menjadi alat yang ampuh untuk bertransformasi bila diterapkan secara seksama. Pemikiran yang digerakkan oleh polaritas akan membuat kita terjebak. Dengan pemikiran ekspansif atau pemikiran yang lebih luas akan membuat dan mendorong untuk berpikir kreatif.
 
Ada 3 cara untuk memulai pemikiran yang ekspansif, yakni:
 
Pertama, Selalu buka pikiran Anda untuk berpikir yang luas dan jangan terjebak dengan polarisasi.
 

Photo by Jason Goodman on Unsplash
 
Kedua, Mendengarkan untuk membangun (listening to build) meminta Anda untuk melihat peluang baru dalam apa yang dikatakan orang lain dan mempertimbangkan informasi apa yang dapat Anda tambahkan ke ide orang lain. Ini membutuhkan penangguhan, penilaian, yang seringkali merupakan bagian tersulit bagi anggota tim.
 
Pemikiran Ekspansif membutuhkan fasilitas yang cermat untuk memastikan bahwa “mendengarkan untuk membangun (listening to build)” terjadi.
Sebagian besar dari kita telah dilatih untuk “mendengarkan untuk menanggapi (listen to respond)” dan terlalu sering “mendengarkan untuk menemukan masalah (listen to find problems with)”.
 
Sebagian anggota tim atau kelompok mungkin memiliki kemampuan untuk “mendengarkan untuk memahami (listen to understanding)”. Namun, yakin lah bahwa anggota tim atau kelompok juga ada yang memiliki kemampuan untuk "Mendengarkan untuk membangun".
 

Photo by Cherrydeck on Unsplash
 
Dan, yang ketiga adalah Transisi dari Pemikiran Ekspansif Anda. 
 
Waktu Berpikir Ekspansif seperti kisah Goldilocks: Kami tidak ingin menghabiskan terlalu sedikit waktu untuk berkembang, tetapi kami juga tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu tanpa melihat hasil yang nyata. Pastikan tim Anda benar-benar mengeksplorasi di luar ide awal yang “mudah” muncul.
 
Pemikiran ekspasif akan mendorong terjadinya kreativitas yang lebih, menciptakan inovasi-inovasi baru yang akan menjawab atau menghasilkan solusi dalam pembahasan (diskusi) tim atau kelompok. Pemikiran Ekspansif menciptakan ruang untuk mengeluarkan ide dan wawasan terbaik dari tim. Kemampuan baru untuk memanfaatkan kecerdasan kolektif tim, serta akan dapat membuahkan kesuksesan yang baru, keterlibatan, kepuasan, inovasi, dan, pada akhirnya, dapat memberikan keuntungan.
 
Adapted from: Entrepreneur & Forbes
Scroll To Top