ID | EN

Cara Strategi Pemasaran Agar Lebih Efektif Pada Bisnis Anda

Cara untuk membuat roadmap pemasaran yang efektif dan hemat waktu!
Photo by Brands&People on Unsplash
 
Sebagai pemilik usaha atau bisnis, waktu adalah hal yang sangat penting dan sulit didapat sehingga terlalu sering pemasaran atau marketing cenderung gagal atau tidak berjalan. Pemilik bisnis begitu sibuk menjalankan bisnis dan sejuta hal lain yang perlu mereka lakukan setiap hari sehingga upaya pemasaran yang penting ini mendapat sedikit perhatian. Namun seiring berjalannya waktu, jika Anda tidak melakukan pemasaran, bisnis-pun tidak berkembang. Lalu, bagaimana kiat-kiat agar pemasaran bisnis Anda dapat dijalankan? Berikut adalah beberapa langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Menentukan Tujuan/Goals
Luangkan waktu sejenak dan tanyakan apa yang ingin Anda capai. Ini akan membantu menentukan di mana Anda harus memulai dan menjalankan upaya pemasaran yang sesuai. Dengan mengetahui tujuan, maka akan menentukan strategi pemasaran yang tepat.
 
Contoh:
  • Apakah Anda ingin mengarahkan pemasaran yang ditujukan pada lalu lintas ke situs web?
  • Apakah membutuhkan tingkat konversi yang lebih baik?
  • Apakah lebih kepada menciptakan awarness brand/merek bisnis Anda?
 
Ketahuilah siapa target Anda, dan temukan pesan unik untuk komunikasi pemasaran.
 
Orang akan memiliki peluang lebih tinggi untuk menemukan Anda jika konten relevan bagi mereka. Jadi, siapa yang Anda targetkan, dan kata-kata/kata-kunci apa yang digunakan saat mereka online dan mulai mencari produk atau layanan? Apa minat mereka? Di mana mereka menemukan pemasarannya? Apakah online? Atau, mungkin melalui situs atau media sosial tertentu seperti Instagram, LinkedIn, YouTube? Atau melalui search engine/mesin pencarian seperti Google? Lalu, Bagaimana ketertarikan akan mengonsumsi konten? Apakah mereka lebih suka mendengarkan podcast, menonton video, atau membaca postingan pada blog?
 
Selanjutnya, tentukan pesan yang unik untuk merek/bisnis Anda? Apa yang membuatnya usaha atau bisnis berbeda dan mengapa mereka harus memilih produk atau layanan Anda? Hal ini lebih kepada Unique Selling Point (USP) pada bisnis Anda.
 
Nah, Untuk melakukan ini, Anda harus tahu siapa pelanggan yang ideal untuk Anda, kemudian bagaimana cara mengomunikasikan kepada mereka dengan cara yang cepat untuk kemungkinan mereka mengonsumsi pemasaran yang Anda lakukan. Di dunia online yang serba cepat dan dinamis, orang memiliki pilihan yang tak terbatas, dan mencari konektivitas dan transparansi dalam bantuan terhadap masalah mereka.
 
Membuat jadwal, patuhi, dan menjalankannya.
 
Buatlah timeline atau jadwal pada pemasaran Anda. Tetapkan hari dan waktu tertentu sehingga Anda bisa masuk ke rutinitas (mingguan, atau bahkan setiap hari) sampai Anda membangun konsistensi. Hal ini sangat penting agar marketing dan bisnis Anda dapat bersatu.
 
Berikut adalah rekomendasi aplikasi project management agar Anda dapat membuat jadwal serta mengevaluasinya. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda agar tetap teratur dan akuntabel dalam proses menangani tugas-tugas Anda: Trello, Asana, Todoist, Google Suite (Docs, Calendar, etc.) dan Canva
 
Otomatisasi

Photo by Sigmund on Unsplash
 
Untungnya, kita hidup di dunia modern seperti saat ini. Anda dapat mengotomatiskan media sosial Anda dengan platform seperti Buffer, Hootsuite, atau Sprout Social dan dengan mudah membuat konten dan menjadwalkannya langsung di platform. Juga, jadwalkan email bulanan dengan menggunakan beberapa software email seperti Mailchimp, Constant Contact, atau Hubspot.
 
Walaupun sekarang sudah serba aplikasi dan sangat mudah untuk mengaturnya, namun untuk melakukan hal diatas tidaklah mudah, lho! Harus diingat, bahwa Anda harus meluangkan waktu dan fokus untuk melakukannya. Karena bukannya hal yang mudah dan ekspres untuk dapat melakukannya secara konsisten. Jadi, Anda harus mandiri dan komit, serta konsekuen pada diri Anda.
 
Mendaur-Ulang Konten Anda

Photo by Kaleidico on Unsplash
 
Apakah Anda menulis di blog? Bagaimana cara agar konten Anda menjadi lebih viral? Ya! Anda juga harus memastikan bahwa aktifitas postingan atau iklan Anda, juga berada di beberapa medium lain. Bukankah lebih menarik apabila Anda dapat memodifikasi konten Anda menjadi infografis, merekamnya sebagai podcast, atau mengembangkannya dengan membuat e-book yang dapat berguna dan diunduh oleh user yang membutuhkan informasi Anda (bisa mendapatkan list Email secara bersamaan).
 
Mungkin Anda memiliki blog lama? Anda dapat merotasinya jika masih relevan dan bermanfaat, lho. This is how you use content in different forms and giving it more life, and saving you time!
 
Track & Analyze It!

Photo by Isaac Smith on Unsplash
 
Ini penting untuk dilakukan! Jangan lupa untuk melacak performa atau aktifitas pemasaran Anda. Dengan melihat tren, penurunan, kenaikan dan tanda-tanda lainnya, hal ini akan membuat Anda mengetahui keberadaan Anda dan dapat memberikan ide-ide baru apa yang Anda harus lakukan atau antisipasi agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Analisalah secara detail dan pilihlah aktifitas yang mendapatkan umpan-balik atau feedback yang positif pada bisnis Anda.
 
Gimana? Setelah Anda membaca post ini, yuk, jadwalkan sesi brainstorming selama 30 menit dengan diri Anda atau dengan tim/karyawan Anda. Kemudian, mulailah berdiskusi dengan menerapkan poin-poin diatas secara lebih detail ke dalam strategi-strategi yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. Ingat! Dimulai dengan tujuan dan pesan ya.. Sangat penting untuk menjadwalkan waktu dan membuat task/to-do-list untuk catatan Anda, bertukar-pikiran, dan meninjau konten dengan analitik!
Scroll To Top