ID | EN

Ini Cara Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

Cara mudah tingkatkan daya tahan tubuh dan stamina agar tidak mudah sakit.
Photo by Emma Simpson on Unsplash
 
Sistem kekebalan masing-masing orang berbeda-beda, hal tersebut bergantung pada gaya hidup yang dijalani. Terutama di musim hujan seperti sekarang ini, di mana kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Berikut cara mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak gampang sakit.
 
1. Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup menjadi salah satu cara paling mudah dan sederhana untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Setidaknya tidur selama 6 - 8 jam per hari untuk membantu tubuh memproduksi lebih banyak antibody (zat kekebalan) yang dapat mencegah penyakit.
 

Photo by Anthony Tran on Unsplash
 
2. Perbanyak Konsumsi Vitamin
Tidak hanya di musim hujan saja, tubuh sejatinya membutuhkan asupan vitamin di musim apa pun yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Adapun vitamin yang dibutuhkan untuk memerangi berbagai macam penyakit antara lain vitamin A, C, dan E.
 
Vitamin A yang dapat ditemukan dalam brokoli, wortel, kangkung dan ubi jalar berfungsi memperkuat sistem imun (kekebalan) tubuh. Sementara, vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan lezat seperti nanas, stroberi, manga, jambu dan kiwi bermanfaat untuk memerangi radikal bebas sekaligus menghilangkan racun dalam tubuh. Terakhir, untuk vitamin E yang ada di dalam bayam, alpukat, dan biji bunga matahari berfungsi untuk menangkal radikal bebas sekaligus mengatur kadar kolesterol.
 
 
3. Olahraga
Sebenarnya, sepadat apa pun aktivitas harian Anda, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Anda bisa memulainya dengan olahraga yang paling sederhana seperti berjalan kaki. Hal tersebut dapat dilakukan secara rutin selama 30 menit setiap hari. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga membantu Anda agar dapat beristirahat dengan baik di malam hari.
Scroll To Top