ID | EN

Nikmatnya Ketupat Gloria 65 yang Legendaris!

Ketupat sayur legendaris Jakarta yang sudah ada sejak 1963!

Berbicara tentang hidangan ketupat sayur, mungkin Anda akan teringat dengan momen Hari Raya Idul Fitri di mana makanan ini merupakan makanan utama yang wajib ada. Namun, tak harus menunggu Idul Fitri, lho, untuk menikmati ketupat sayur.

Ada satu kedai ketupat sayur yang legendaris, namanya Ketupat Gloria 65 Ny. Kartika Tjandra. Kedai sederhana ini terletak di gang kecil yang bisa diakses dari Jalan Pancoran, Glodok.

Saking sederhananya, Anda hanya akan menemukan sebuah meja kayu dengan beberapa panci berisi sayur labu, semur, dan kari ayam (opor), serta ketupat yang menggantung dengan kursi kayu panjang di depan meja tersebut. But, don’t judge a book by its cover. Tunggu sampai Anda mencicipi menu spesialnya, yakni Ketupat Cap Go Me.

Menu yang menjadi makanan khas perayaan Cap Go Me setelah Tahun Baru Imlek ini berisi potongan ketupat dengan sayur labu, opor ayam, telur, tahu, tempe, dan juga kentang. Komplit!

Kuah santannya yang gurih dan sedikit pedas tentunya akan memanjakan lidah Anda. Porsinya yang melimpah juga akan membuat perut lapar Anda senang. Jangan lupa tambahkan kerupuk putih yang juga tersedia di kedai ini. Yummy!

Photo source: Alinear doc.

Kalau Anda tidak mau porsi yang terlalu besar, Anda bisa memilih sendiri tambahan untuk ketupat sayur Anda mulai dari telur, tahu, tempe, kentang, kari ayam, dan semur daging yang bisa Anda kombinasikan sesuai selera.

Sesuai namanya, kedai ini hanya menjual menu ketupat sayur, ya. Kedai ketupat sayur yang terletak di kawasan Glodok ini sudah berdiri sejak tahun 1963 dan tidak pernah pindah lokasi. Hanya saja terdapat dua cabang lainnya yang masih dikelola oleh keluarga sang pemilik yang terletak di ITC Mangga Dua dan kawasan Pasar Baru.

Harga ketupat sayur di sini berkisar antara Rp20.000,- hingga Rp55.000,- per porsinya tergantung dengan tambahan lauknya. Untuk menemukan kedai ini, Anda yang datang dari Jalan Gajah Mada harus berbelok kiri ke Jalan Pancoran. Di sebelah kanan jalan ada pertokoan, persisnya kedai ini berada di gang yang terletak di antara penjual manisan buah. Berjalan masuk ke dalam gang, Ketupat Gloria 65 akan ada di sebelah kiri Anda. Selamat makan!

Scroll To Top