ID | EN

Jelajahi Nusa Penida, Pulau yang Memanjakan Mata dengan Pemandangan Alami

Bosan dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali? Cobalah untuk menyeberang ke Nusa Penida!
Photo by Timur Kozmenko on Unsplash  
 
Berlibur ke Bali, pantai menjadi salah satu destinasi utama yang tak boleh terlewatkan. Namun, jika Anda ingin menjelajahi pantai lainnya yang tak kalah menarik, cobalah untuk menyeberang ke Nusa Penida. Pulau yang terletak di sebelah tenggara dari pulau utama Bali ini menawarkan berbagai pantai dan tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Untuk menuju ke sini, Anda bisa menaiki speed boat dari Pantai Sanur. Waktu tempuhnya pun terbilang singkat, hanya sekitar 45 menit. Ingin tahu ada apa saja di Nusa Penida? Berikut ini rekomendasi tempat wisatanya!
 
Kelingking Beach
 

Photo by Spenser Sembrat on Unsplash
 
Berbicara tentang Nusa Penida, Kelingking Beach adalah tempat yang paling populer di pulau ini. Bagaimana tidak, keindahan tebingnya sendiri menjadi landmark Nusa Penida. Jika dilihat dari atas, Kelingking Beach terlihat seperti dinosaurus T-Rex sehingga tempat ini sering juga disebut sebagai Teluk T-Rex. Anda akan memasuki area Kelingking Beach dari bagian atas tebing. Jika ingin bermain ke bibir pantai, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup terjal. Pastikan Anda berhati-hati saat turun, ya.
 
Angel’s Billabong
 

Photo by kilarov zaneit on Unsplash
 
Destinasi wisata berikutnya yang ada di Nusa Penida adalah Angel’s Billabong. Tempat ini merupakan kolam alami yang langsung menghadap ke laut lepas. Saat air sedang surut, kolam ini terlihat sangat cantik sekali. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak disarankan untuk berenang saat kondisi laut sedang pasang karena Anda bisa hanyut terseret ombak. Lokasinya yang berada di tebing dapat menyulitkan Anda untuk kembali lagi.
 
Diamond Beach
 

Photo by Alexa West on Unsplash
 
Mirip seperti Kelingking Beach, Diamond Beach juga menawarkan pemandangan laut biru dari tebing yang tinggi. Hanya bedanya, di sini Anda juga tidak disarankan untuk berenang karena ombak yang cukup besar dan banyaknya batu karang di bawah laut. Namun, Anda tetap bisa menikmati pemandangan dari atas tebing, atau turun ke bibir pantai dan menikmati hangatnya matahari Bali.
 
Tembeling
 

Photo source: Swapnali Salgare on Google
 
Tempat wisata yang satu ini terdiri dari hutan primer yang juga di dalamnya terdapat kolam alami yang berada di pinggir laut. Tembeling dapat terbilang jarang dikunjungi oleh wisatawan pada umumnya. Hal ini dikarenakan akses menuju Tembeling yang cukup menantang. Namun, usaha Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alami yang cantik dan suasana yang romantis.
 
Crystal Bay
 

Photo source: Jonny Melon on Google
 
Crystal Bay adalah pantai yang lokasinya berada di sebuah teluk. Pantai yang satu ini memiliki ombak yang paling bersahabat jika Anda ingin berenang di laut. Jaraknya pun hanya sekitar 15 menit dari Pelabuhan Toyapakeh, membuatnya mudah dijangkau saat Anda baru sampai di Nusa Penida atau saat perjalanan kembali ke Pulau Bali melalui pelabuhan. Di pinggir pantai juga banyak warung yang menawarkan makanan ringan dan minuman segar untuk menemani waktu santai Anda di sini. Satu hal yang pasti, pemandangan di pantai ini juga tak kalah fantastis.
Scroll To Top