ID | EN

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, yuk cek dulu tips berikut ini untuk menjaga keamanan rumah.
Photo by Ashim D’Silva on Unsplash  
 
Tak terasa hari Lebaran akan segera tiba. Umumnya, banyak masyarakat akan mudik untuk kembali ke kampung halaman bertemu keluarga dan sanak saudara. Pada saat-saat ini, biasanya Jakarta akan terasa sangat sepi ditinggalkan oleh para pemudik. Nah, jika Anda termasuk yang akan menjadi pemudik jangan lupa untuk tetap menjaga keamanan rumah yang akan ditinggalkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!
 

Photo by Leio McLaren on Unsplash 
 
Jangan Sampai Rumah Terlihat Kosong
Saat tidak ada orang di rumah, pastikan rumah Anda tidak terlihat seperti rumah kosong. Hal ini agar tidak memancing orang lain melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian. Caranya adalah Anda bisa menggunakan lampu dengan timer agar dapat menyala dengan otomatis.
 
Matikan Aliran Air dan Gas
Agar rumah terlindungi dari bencana, sebaiknya Anda mematikan aliran air dan juga gas. Anda juga bisa mematikan aliran listrik yang tidak digunakan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.
 
Simpan Barang Berharga di Tempat Aman
Jika Anda menyimpan barang berharga di rumah, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang tidak umum dan tidak diketahui orang lain. Pastikan juga barang berharga tersebut tidak terlihat dari arah luar rumah agar tidak mengundang kejadian yang tidak diinginkan.
 

Photo by Luo Lei on Unsplash
 
Titipkan Kunci Rumah ke Orang Terpercaya
Sebelum pergi, Anda bisa menitipkan kunci ke orang terpercaya seperti tetangga yang sudah dikenal, saudara, atau pak RT sekalipun. Tujuannya adalah jika terjadi sesuatu atau ada yang perlu diamankan selama Anda pergi, Anda bisa meminta tolong orang tersebut untuk masuk ke dalam rumah.
 
Manfaatkan CCTV
Jika di rumah sudah dilengkapi CCTV yang terkoneksi dengan aplikasi di handphone, ini akan lebih baik lagi. Anda bisa sesekali mengontrol keadaan rumah dari jauh dan memantau keadaan sekitar rumah Anda yang kosong.
 
Yuk, terapkan hal-hal ini agar Anda bisa mudik dengan aman dan nyaman!
Scroll To Top