ID | EN

Trik Agar Anak Tidak Bosan Saat Belajar di Rumah

Anak-anak tetap semangat belajar meski di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk anak-anak Anda saat belajar online!
 
Imbauan untuk melaksanakan program pembelajaran jarak jauh secara daring atau belajar di rumah dari pemerintah tentu bukan perkara mudah bagi banyak orang tua. Tidak ada guru yang mengawasi, kondisi yang lebih nyaman, tentu bisa membuat anak hilang konsentrasi dan tergoda untuk bermalas-malasan. Nah, agar anak tetap semangat dan tidak bosan belajar di rumah, ada beberapa trik kreatif yang bisa Anda terapkan.
 
1. Isi Waktu Istirahat dengan Kegiatan Menyenangkan
 
 
Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, selama belajar dari rumah, orang tua disarankan untuk tetap mengikuti jadwal sekolah, artinya jam istirahat tetap ada. Gunakan waktu istirahat untuk melakukan kegiatan menyenangkan, namun anak tetap merasa rileks. Siapkan permainan (bukan gim daring) seperti puzzle yang diketahui memiliki banyak manfaat termasuk melatih kesabaran, melatih kemampuan menyelesaikan masalah, melatih daya ingatan sekaligus melatih koordinasi mata dan tangan.
 
2. Berikan Hadiah
 
 
Bentuk hadiah yang diberikan bermacam-macam, mulai dari pujian, camilan kesukaan anak atau barang yang diinginkan anak. Hadiah di sini bertujuan untuk melatih anak membiasakan diri menghadapi kesulitan. Setelah berhasil melewati kesulitan tersebut anak berhak mendapatkan hadiah. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan camilan kesukaan anak setelah anak berhasil merampungkan tugas dari guru, dengan harapan hadiah tersebut dapat dijadikan motivasi oleh anak untuk meningkatkan semangat belajar di rumah.
 
3. Jadi “Guru Sementara”
 

Photo by Robo Wunderkind on Unsplash
 
Selama proses belajar di rumah, orang tua harus siap menjadi guru untuk anak-anaknya. Selain menyiapkan fasilitas pendukung, serta ruang belajar yang nyaman dan kondusif, orang tua juga diharapkan bisa menjadi “guru sementara” bagi anak-anaknya. Luangkan waktu minimal 30 menit untuk mengajari atau membantu anak memahami materi pembelajaran yang diberikan sekolah Buat pembahasannya jadi lebih menyenangkan, misal menggunakan real object saat mengajarkan anak berhitung. Gunakan benda apa pun yang sudah dikenal anak seperti pensil warna, lego atau buah. 
Scroll To Top