ID | EN

10 Cara Detox Sehat & Alami Untuk Tubuh Anda

Cara Detoksifikasi alami tubuh yang sehat dan wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Photo by LyfeFuel on Unsplash
 
Berencana untuk memulihkan sistem tubuh dari padatnya jadwal di Akhir Pekan atau Liburan panjang? Jika Ya, cobalah ikuti hal-hal di bawah ini. Berikut adalah beberapa inspirasi dan cara "mendetoksifikasi" tubuh atau badan Anda secara sehat alami. Simak, yuk!
 

Photo by Ella Olsson on Unsplash
 
1. Kurangi makanan yang dapat menyebabkan peradangan
Saat Anda perlu menyesuaikan kembali sistem pencernaan Anda, terutama jika perut Anda kembung dan tidak nyaman pada saluran pencernaan, coba dan mulailah dengan menghilangkan sementara makanan yang menyebabkan peradangan pada usus yang dapat memicu reaksi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menghilangkan kafein dan alkohol untuk jangka waktu singkat juga kemungkinan dapat membantu, terutama jika Anda terdiagnosis kondisi hati/liver.
 

Photo by Ellie Ellien on Unsplash
 
2. Probiotik
Untuk meningkatkan kadar dan kinerja usus yang baik, cobalah untuk mengonsumsi Probiotik ke dalam rutinitas keseharian Anda. Hal ini dapat membantu untuk mengembalikan sistem yang lebih baik pada usus Anda.
 
Dengan mengonsumsi Probiotik, pencernaan Anda akan lebih lancar dan juga dapat menyeimbangkan bakteri baik pada usus yang sehat. Tahukah Anda bahwa diperkirakan +-70% sistem kekebalan/imun tubuh terletak pada usus. Sehingga probiotik menjadi salah satu cara bagaimana untuk detoksifikasi agar imun tubuh dapat terjaga dengan baik.
 
Anda dapat menerapkan dengan mengonsumsi suplemen Probiotik, atau juga dengan cara makan makanan yang mengandung Probiotik, seperti: Yogurt, Kimchi, Kombucha, atau makanan dengan fermentasi lainnya ke dalam makanan.
 
 
3. Tingkatkan asupan air dalam tubuh Anda
Anda mungkin sudah mengetahui hal ini, semakin banyak Anda minum air putih, maka sistem tubuh akan dibilas, layaknya membersihkan, menetralisir, serta membuang zat-zat yang tidak baik pada tubuh. Hal ini sejalan dengan yang dinamakan "Detoks". Pastikan bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Agar, terhindar dari perasaan lelah atau energi yang rendah.
 
Berikut adalah pilihan makanan dengan kadar air/mineral yang tinggi, yaitu: Melon, Berry, dan sayuran hijau untuk meningkatkan nutrisi dan hidrasi pada sistem tubuh Anda. Buah-buahan sangat baik karena kaya dengan Vitamin C. Pilihlah buah yang Anda sukai dan konsumsi secara rutin.
 

Photo by Louis Hansel on Unsplash
 
4. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak secara perlahan
Cobalah untuk mencampurkan asupan makanan Anda dengan banyak sayuran berwarna ungu dan hijau. Anda juga dapat mengombinasikan dengan biji-bijian atau kacang-kacangan yang berguna untuk menambah serat namun tetap merasa kenyang. Makanan berserat tinggi dan bergizi dapat membuat tubuh Anda lebih mudah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.
 
Agar terhindar dari rasa kembung pada perut atau pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi makanan/sayuran di atas secara perlahan, secara bertahap: sedikit setiap hari.
 
 
5. Suplemen
Untuk menjaga metabolisme dan pencernaan Anda, komsumsilah suplemen untuk menyeimbangkan dan menyempurnakan sistem dan imun dalam tubuh.
 
Seiring dengan pola makan yang sehat, vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam metabolisme. Suplemen juga telah menjadi kebutuhan penting yang diperlukan untuk pelengkap. Vitamin B12 (B Complex) dan zat besi merupakan kunci untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Jika Anda kekurangan kedua vitamin tersebut, besar kemungkinan Anda akan cepat sekali merasa lelah atau lesu.
 

Photo by Rod Long on Unsplash
 
6. Disiplin Waktu Makan Yang Teratur
Setiap orang memiliki jam dan waktu yang berbeda ketika berbicara tentang kapan waktu yang pas untuk makan. Pada umumnya, jam makan bagi setiap orang hampir semua sama. Untuk itu, janganlah menunda untuk makan, apabila Anda merasa lapar. Hal itu menandakan bahwa tubuh dan badan Anda membutuhkan asupan makanan untuk dapat meningkatkan sistem metabolisme dan energi pada tubuh.
 
 
7. Reintroduksi Asupan atau Makanan
Fase reintroduksi ini dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang asal mula mengapa Anda membutuhkan detoks pada tubuh. Cobalah untuk menghilangkan dan memperkenalkan kembali makanan yang sudah Anda tidak komsumsi. Dengan begitu, Anda akan mengetahui dan merasakan perbedaan pada Tubuh Anda.
 
Apabila setelah mengonsumsi kembali makanan tersebut Anda merasa tidak enak atau tidak nyaman, maka hindarilah untuk mengonsumsinya lebih lanjut.
 

Photo by alan caishan on Unsplash
 
8. Take good care of your skin
Tahukah Anda bahwa ternyata kulit memiliki peran yang cukup besar dalam proses detoksifikasi dalam tubuh. Salah satu cara mendetoksifikasinya adalah dengan cara mengeluarkan keringat. Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari agar mendapatkan asupan Vitamin D dan mulailah berolahraga.

Selain itu, pijatan juga dapat membatu proses detoks pada tubuh, lho… Agar dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh Anda. Jadi pada dasarnya, cobalah cintai dan rawat diri Anda. Karena selain menjadi sebagai salah satu proses detoksifikasi sistem tubuh, Anda juga bisa memiliki gaya hidup (mind, body, & soul), atau pikiran yang jauh lebih baik.
 
 
9. Olahraga
Terkadang kerap kali sebagian orang merasa bahwa mereka tidak bergairah, lesu, lelah, dlsb... Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena Anda kurang bergerak.

Jika Anda merasa lelah, berat, atau energi sedang menurun, mungkin ada baiknya Anda mengevaluasi kembali rutinitas olahraga Anda. berjalan kaki secara teratur di waktu istirahat tengah hari atau mungkin meluangkan waktu untuk menari/meliukkan badan atau tubuh Anda adalah dua cara yang paling mudah untuk menambahkan rutinitas pergerakan fungsi tubuh harian Anda.
 
 
10. Kelola stres dan tidur Anda
Last but not least, hidup mungkin membuat Anda emosi dan stress. Dalam hidup, tidak mungkin selalu berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan dan harapkan. Namun, penting untuk selalu hindari stress yang berlebih dan mengelolanya dengan baik. Karena ini akan mempengaruhi pikiran dan tubuh Anda bekerja.

Apabila Anda termasuk orang yang sangat sibuk dan kerap kali menyebabkan jam tidur Anda menjadi tidak teratur, cobalah untuk selalu memperbaiki jam tidur Anda. Usahakan untuk tidur 6-8 jam setiap hari, walaupun tidak selalu rutin. Mari terapkan gaya hidup yang baik secara perlahan dan konsisten.

Detoksifikasi bukanlah hanya sekedar asupan makanan yang bergizi, atau mengonsumsi makanan atau minuman, namun, juga dapat dipengaruhi dengan gaya dan cara hidup Anda. Selain sistem kekebalan tubuh (imun) akan meningkat, Anda juga akan merasakan hidup yang lebih baik pada rutinitas harian apabila merubah pola hidup sehat. Ingat! Tidak perlu sempurna... Yang terpenting adalah yuk, jadi dari Anda yang lebih baik.
Scroll To Top