ID | EN

12 Cara Hidup Hemat Dengan Cara Frugal Living

Mau hidup hemat, namun susah menerapkannya? Mungkin Anda bisa menerapkanya dengan Frugal Living untuk efisiensi keuangan gaya hidup Anda. Simak!
Photo by HiveBoxx on Unsplash
 
Ingin hidup hemat, tapi kok susah yah menerapkannya? Mungkin diantara Anda pernah ada yang merasakan hal serupa. Supaya tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan pola hidup hemat, ada baiknya Anda mencoba Frugal living. Frugal living adalah gaya hidup di mana seseorang membuat keputusan yang sadar atas pengeluaran mereka, namun tetap bisa memprioritaskan hal-hal yang penting. Jika dilakukan secara benar, maka pelaku yang mengadopsi gaya hidup ini memiliki kemungkinan untuk bisa mencapai tujuannya: Financial Freedom.
 
Berikut ini adalah cara gaya hidup frugal living yang bisa membantu mengatur cashflow Anda:
 

Photo by Thomas Lefebvre on Unsplash
 
1. Selalu Mencatat Pengeluaran
Sebelum memulai frugal living, Anda harus mengetahui ke mana uang Anda pergi. Anda bisa mencatatnya dalam buku catatan jurnal, menggunakan aplikasi pengelola keuangan, atau bisa juga dengan membuat tabel pengeluaran finansial. Dengan begini, Anda dapat mengetahui dan memantau dengan benar pengeluaran Anda.
 
2. Mengontrol Biaya Makan
Nah, ini dia yang terkadang kita suka tidak menyadari. Biaya untuk makanan sehari-hari adalah hal yang paling mendasar, namun seringkali kita tidak sadar yang pada akhirnya menjadi boros. Misalnya, sering jajan di luar atau lapar mata karena melihat promo di pesanan online. Oleh sebab itu, terapkanlah disiplin diri untuk budget uang makan tidak boleh melebihi aturan anggaran pos biaya makan.
 
3. Manfaatkan Diskon
Tenang, jangan kalap dan terjebak dengan penawaran sale di toko online maupun offline. Anda tetap bisa membeli barang yang diinginkan dengan strategi memanfaatkan promo maupun diskon yang ditawarkan. Namun perlu diingat kembali, barang yang akan Anda beli harus sesuai dengan kebutuhan yang dapat membantu kinerja sehari-hari. Make sure tetap berpatokan pada skala prioritas. Bilamana dibutuhkan dan urgensi tidak ada salahnya membeli. Tapi kalau tidak terlalu urgensi sekalipun penting, bisa ditahan dulu.
 

Photo by Mathieu Stern on Unsplash  
 
4. Jual Barang yang Sudah Tidak Digunakan
Selain dapat menghemat space di rumah, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan di rumah Anda. Daripada barang yang tidak terpakai memakan tempat, ada baiknya dijual kembali. Cukup banyak di luaran sana orang-orang yang mencari barang second hand. Pastikan barang-barang yang Anda jual dalam kondisi baik dan terawat, agar nilai jualnya masih ada...
 
5. Cerdik Memilih Transportasi
Menggunakan taksi menuju tempat kerja memang nyaman. Namun jika Anda hendak berhemat, pilihlah transportasi alternatif lain, seperti kereta, bus, atau transportasi online. Hal ini akan lebih aman untuk saku Anda. Bahkan tak jarang kalau transportasi online menawarkan promo dengan potongan harga yang dapat membantu untuk menghemat pengeluaran.
 
6. Menyortir Biaya Langganan Platform
Lebih bijak dalam memilih dan menggunakan layanan hiburan kesayangan Anda. Sebaiknya, pilih salah satu saja yang paling sering Anda gunakan. Hindari membuang uang untuk sesuatu yang bahkan jarang Anda gunakan.
 

Photo by Austin Distel on Unsplash
 
7. Menabung dan Berinvestasi
Manfaat dan tujuan frugal living adalah kemerdekaan finansial di masa yang akan datang. Alokasikan pendapatan Anda untuk tujuan investasi dan menabung. Sebelum berinvestasi, sebaiknya Anda memiliki knowledge dan di bidang investasi agar Anda tidak salah memilih jenis investasi. Atau Anda juga bisa belajar melalui Youtube atau kepada ahlinya langsung. Bisa dicek di Google saja.
 
8. Masak Sendiri
Ternyata memasak makanan sendiri dapat memotong pengeluaran makan hingga 50 persen, lho! Biasakanlah membuat menu makanan untuk seminggu dan buatlah food preparation untuk seminggu. Sehingga dengan begini, waktu masak lebih singkat, praktis, dan hemat uang. Lumayan kan jika Anda bisa menyisihkan dan mengalokasikan 50% dana sisa pos makanan ke dalam pos keuangan lainnya?
 
9. Beli produk elektronik hemat energi
Walaupun agak mahal, namun dengan membeli produk elektronik yang hemat energi dapat memotong tagihan listrik bulanan Anda. Hal ini justru bisa membuat Anda menghemat pengeluaran untuk jangka waktu yang lebih panjang. Yuk, mulai beralih ke produk elektronik hemat energi!
 

Photo by Dose Media on Unsplash
 
10. Konsisten
Untuk menjalankan frugal living dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan tinggi. Menerapkan disiplin di sini berarti mematuhi anggaran yang yang sudah dibuat. Dengan menerapkan pola attitude yang konsisten dan disiplin, dapat mencegah Anda membeli barang yang tidak diperlukan.
 
11. Bercocok Tanam Sayur & Buah
Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara untuk berhemat dan menjalankan frugal living. Bila Anda gemar bercocok tanam seperti menanam buah dan sayur, tandanya Anda dapat menyelamatkan pengeluaran Anda. Menanam buah dan sayur untuk dikonsumsi sehari-hari juga bisa memangkas pengeluaran makanan lho.
 
12. Tidak Belanja Hal Yang Tidak Dibutuhkan
Tentukan skala prioritas. Hindari belanja barang yang tidak dibutuhkan. Buatlah daftar skala prioritas yang mendesak dan penting yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tujuannya agar dapat mengatur pengeluaran sehingga menjadi lebih efektif, efisien, dan juga hemat pastinya.
 
Itulah tips-tips bagaimana cara menerapkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, dimulai!
Scroll To Top