ID | EN

3 Cara Menciptakan Postingan Blog yang Baik

Cari tahu cara menciptakan postingan blog yang baik di artikel ini.

Tak hanya untuk sekedar berbagi cerita, blog kini juga digunakan untuk berbisnis. Untuk membuat blog post yang menarik, lihat tipsnya di bawah ini!

1. Memilih jenis topik sesuai kebutuhan
Postingan blog biasanya terbagi ke dalam tiga jenis topik: narrowly focused posts, topical posts, dan broad tactical posts.

Narrowly focused posts memiliki topik khusus (niche) yang menarik kelompok audiens tertentu. Meski dapat menjadi tambahan yang baik dalam blog karena dapat menarik niche audience yang memiliki level engagement cukup tinggi, postingan jenis ini hanya dapat meningkatkan traffic dalam jumlah sedikit.

Topical posts fokus kepada isu-isu terbaru. Jenis postingan ini sangat baik untuk meningkatkan traffic dalam waktu singkat. Di sisi lain, topical posts sangat cepat menjadi basi.

Broad tactical posts merupakan jenis postingan yang mampu menarik perhatian secara terus menerus serta menjangkau kelompok audiens yang luas. Jika Anda berancana untuk menjalankan sebuah blog dalam jangka panjang, broad tactical posts adalah pilihan yang bijaksana. Postingan ini seringkali berisikan tentang review produk, penjelasan sebuah proses, dan instruksi penggunaan.

2. Memakai judul yang cerdas
Dalam merangkai kata-kata sebagai judul, pikirkan tentang sesuatu yang diinginkan oleh orang-orang. Jika seseorang mengetik query dalam kolom pencarian, bayangkan postingan tersebut nantinya dapat muncul sebagai jawaban. Contohnya, kebanyakan orang melakukan pencarian dengan frasa seperti “produk terbaik untuk XYZ”, atau “bagaimana cara melakukan XYZ”. Judul Anda tentunya harus menyertakan frasa atau kata yang terkait hal-hal tadi.

3. Mengenal struktur postingan
Postingan blog yang baik memiliki tipikal sebagai berikut: menyertakan gambar, headline yang dipertebal, bullet points, kolom tanya-jawab, link menuju informasi, dan tidak terlalu panjang.

Kehadiran elemen-elemen tersebut sangat penting karena memungkinkan pengunjung blog Anda untuk membaca dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Scroll To Top