ID | EN

4 Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Memberikan Diskon

Apakah Anda juga tertarik memberikan diskon untuk produk yang Anda jual? Jika ya, simak dulu fakta tentang diskon di bawah ini!
 
Mungkin Anda sering melihat banyak diskon yang digencarkan oleh beberapa toko online, dan tak jarang juga ada situs khusus yang memang hanya berisi kumpulan penawaran diskon.
 
 
1. Memperkuat Pengenalan Brand
Brand yang memberikan diskon cenderung lebih menarik di mata konsumen. Apalagi kalau brand Anda masih baru. Hal ini bisa menjadi cara jitu untuk memperkenalkan produk Anda agar lebih diingat oleh konsumen. Sehingga saat nantinya Anda menambah produk baru, brand Anda sudah dikenal oleh masyarakat.
 
2. Meningkatkan Volume Penjualan
Dengan diskon, volume penjualan produk Anda akan lebih besar. Tak jarang konsumen membeli barang lebih banyak saat diskon karena adanya perbedaan harga yang lebih murah dari harga normal.
 
Diskon juga berfungsi kalau Anda ingin menghabiskan persediaan barang di gudang sehingga Anda bisa menghemat biaya penyimpanan.
 

Photo by Chan on Unsplash
 
 
3. Mengurangi Keuntungan
Ya, walaupun barang yang terjual banyak, keuntungan yang Anda dapat tentu lebih sedikit. Bahkan, diskon bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kerugian jika dilakukan dalam jangka panjang.
 
Karena itu sebelum Anda memberikan diskon, pertimbangkan matang-matang dulu mengenai dampak positif dan negatifnya terhadap bisnis Anda, ya? Pastikan Anda masih memiliki simpanan finansial yang mencukupi agar usaha Anda masih bisa berkembang secara berkelanjutan.
 
4. Kualitas Produk Tetap Nomor Satu
Seringkali pembeli hanya tertarik karena barang itu sedang diskon saja, kemudian tidak melanjutkan pembelian saat harga kembali seperti semula.
 

Photo by Jon Cellier on Unsplash
 
So, pastikan kualitas produk Anda juga bagus sehingga konsumen merasa tetap membutuhkannya walaupun tanpa harga diskon. Percaya saja: good quality product will not lose the crowd!
Scroll To Top