ID | EN

5 Ide Bekal Praktis Buat Si Kecil

Bingung buat bekal apa untuk si kecil ke sekolah? Yuk, simak ide bekal praktis yang satu ini!
 
Tak sedikit para ibu sering mengalami kebingungan untuk mempersiapkan menu bekal anak ke sekolah. Apalagi di tengah kesibukan yang padat membuat para ibu harus gerak cepat alias gercep dan berpacu dengan waktu. Agar persiapan bekal lebih mudah, praktis, dan tidak terburu-buru, sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya di hari sebelumnya. Biar sat-set keesokan paginya saat hendak mempersiapkannya untuk buah hati tercinta. Berikut 5 ide bekal praktis buat anak ke sekolah.
 
1. Nasi Goreng
 
 
Makanan yang satu ini paling mudah dibuat. Anda hanya membutuhkan nasi putih, bumbu dasar seperti bawang merah dan bawang putih yang dicincang, irisan daun bawang, telur, bisa juga ditambahkan irisan sosis, bakso, maupun ayam, serta sayuran sesuai selera. Dan tentunya tidak lupa bumbu pelengkap lain seperti garam, penyedap rasa, kecap manis, saus tiram, dll. Caranya panaskan minyak. Lalu tumis irisan bawang merah dan putih, daun bawang hingga harum.
 
Selanjutnya, masukkan telur, sosis, bakso, atapun protein hewani lainnya, serta sayuran yang sudah dipotong. Jangan lupa tambahkan bumbu seperti garam, kecap manis, saus tiram, dll sesuai selera. Aduk, koreksi rasa, dan selesai deh. Nasi Goreng tinggal disiapkan. Agar lebih nikmat dimakan, tambahkan irisan ketimun, tomat, atau acar, serta kerupuk sebagai pelengkap.
 
2. Chicken Katsu
 

Photo by Ryan Kwok on Unsplash
 
Nah, makanan yang satu ini bisa buat sendiri atau menyetok. Kalau mau menyetok dan lebih praktis, chicken katsu siap saji ini dapat dibeli secara online. Tapi jika mau membuat sendiri, Anda bisa membuatnya dari chicken breast boneless atau daging dada tanpa tulang. Lalu, marinasikan ayam dengan cara membubuhi ayam dengan garam pada kedua sisinya, dan juga lumuri bawang putih yang sudah dihaluskan di kedua sisinya juga. Biarkan selama semalam dan disimpan dalam kulkas di wadah tertutup.
 
Setelah itu siapkan telur yang sudah dikocok lepas, tepung terigu serba guna, dan tepung roti. Langkah selanjutnya, celupkan ayam yang sudah dimarinasi ke dalam tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan celupkan ayam ke dalam tepung roti. Sesudah itu, goreng ayam hingga garing di minyak yang sudah dipanaskan dalam wajan. Selesai digoreng, angkat, iris ayam memanjang seperti di restoran. Sajikan dengan nasi, irisan kol, wortel, dan ketimun, serta jangan lupa siapkan saus khusus chicken katsu yang bisa dibeli di pasar swalayan ataupun online-shop.
 
3. Beef Teriyaki
 

Photo by Daniel Lee on Unsplash
 
Menu praktis dan cepat ini juga bisa menjadi menu keluarga sekaligus bekal untuk anak. Cara membuatnya, siapkan daging sapi sebanyak 250 gr. Daging sapinya bisa menggunakan daging yang suka digunakan untuk memasak shabu-shabu atau potongan daging ala teppanyaki juga bisa.
 
Langkah selanjutnya, siapkan bumbu marinasi teriyaki. Bahan rendaman marinasi terdiri dari 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan (diulek atau diblender), 2 sdm saus teriyaki, 1 sdm kecap asin, 1 sdm kecap manis, 1 sdm saus tiram, 1 sdt merica, 1 sdt gula, 1 sdt gula, ½ sdt garam, dan 1 sdt saus tomat. Kemudian, masukan seluruh daging ke dalam bumbu marinasi, aduk, masukan ke dalam wadah tertutup, diamkan selama semalam di dalam kulkas supaya meresap ke dalam daging. Siapkan juga irisan bawang bombay dan minyak wijen. Cara membuat panaskan minyak dalam wajan kemudian tumis bawang bombay hingga harum. Lalu , masukan daging yang sudah dimarinasi selama semalam, aduk dan tambahkan minyak wijen sedikit saja sambil terus diaduk.
 
Masak hingga matang dan sajikan bersama dengan nasi, taburan biji wijen, irisan ketimun dan tomat.
 
4. Roti Sandwich
 
 
Sandwich bisa menjadi salah satu menu sehat yang bisa dijadikan bekal anak ke sekolah. Isinya bisa macam-macam, mulai dari grilled chicken, tuna, hingga smoked-beef. Anda juga dapat menambahkan irisan selada, tomat, ketimun, bawang bombay (optional), dan juga memasukan mayonaise serta saus tomat ke dalam roti. Tambahkan kentang goreng yang ditaburi irisan daun parsly sebagai menu pendamping sandwich. Sudah deh... Makanan siap disajikan!
 
5. Bakmie Goreng
 

Photo by Selina Thomas on Unsplash
 
Untuk membuat bakmie goreng, isian dan cara membuatnya sama seperti nasi goreng. Semuanya dimasak sesuai selera. Hanya bedanya mie harus direbus ½ matang terlebih dulu sebelum kembali dimasak berbarengan dengan bahan-bahan makanan serta bumbu masakan lainnya. Pada umumnya anak-anak menyukai bakmie goreng. Menu bakmie goreng bisa dijadikan bekal menu anak Anda ke sekolah. Selamat mencoba!
Scroll To Top