ID | EN

5 Makanan Khas Indonesia yang Ramah untuk Vegetarian

Tidak sulit untuk menjadi vegetarian di Indonesia karena banyak menu khas Indonesia yang cocok untuk vegetarian. Simak di bawah ini!
Photo source: Pexels
 
Tahukah Anda? Makanan yang kita konsumsi dapat menjadi sumber gas emisi dan menghasilkan jejak karbon yang ditinggalkan di bumi. Efek jejak karbon ini dalam jangka waktu yang lama akan dapat merusak bumi, karena bisa menjadi sumber kekeringan, cuaca ekstrim, hingga bencana alam. Apalagi kalau Anda mengonsumsi daging sapi, di mana proses produksinya menjadi salah satu kontributor gas emisi dan jejak karbon terbesar di dunia.
 
Agar dapat mengurangi jejak karbon di bumi, Anda bisa mulai beralih untuk menjadi vegetarian. Apalagi untuk menjadi vegetarian di Indonesia ternyata tidak susah, lho. Ada banyak menu vegetarian khas Indonesia yang bisa Anda santap, berikut rekomendasinya!
 

Photo source: Pexels
 
1. Pecel
Di Pulau Jawa, pecel menjadi salah satu menu yang paling dicari untuk sarapan maupun makan siang. Pecel dapat ditemukan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Umumnya, pecel berisi sayuran berupa kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Namun, tiap daerah biasanya memiliki kombinasi sayuran tersendiri. Kemudian, pecel semakin nikmat dengan siraman bumbu kacang pecel di atasnya. Tak jarang juga yang menyantapnya dengan nasi atau lontong, lengkap dengan tambahan lauk seperti tahu bacem, bakwan, hingga berbagai gorengan lainnya.
 
2. Gado-gado
Hampir mirip dengan pecel, di Jakarta Anda dapat menemukan menu gado-gado. Makanan yang satu ini terdiri dari sayuran rebus berupa kacang panjang, mentimun, kentang, tempe, tahu, yang disiram bumbu dari kacang tanah yang dihaluskan. Ada juga yang menambahkan telur rebus dan juga kerupuk. Banyak yang menikmati gado-gado baik sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam, dan bisa juga dilengkapi nasi atau lontong.
 

Photo source: Pexels
 
3. Urap
Urap juga merupakan makanan yang berisi sayuran berupa bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, taoge, hingga kacang panjang. Yang membuat urap berbeda dengan menu lainnya adalah tambahan parutan kelapa dan juga siraman bumbu kacang yang mengandung kencur, inilah yang menjadi ciri khas dari cita rasa urap.
 
4. Karedok
Makanan khas Sunda yang satu ini terdiri dari sayuran yang tidak dimasak atau disantap mentah dengan tambahan oncom bakar. Umumnya, sayuran yang ada di karedok adalah kol, mentimun, taoge, kacang panjang, leunca, hingga daun kemangi. Menu ini juga disantap dengan bumbu kacang yang sedikit pedas.
 

Photo by Adri Elfatih on Unsplash
 
5. Asinan
Jika Anda menyukai yang makanan yang segar-segar, Indonesia punya asinan. Sesuai namanya, menu yang satu ini mengandung bahan-bahan yang melalui proses pengasinan dengan garam atau cuka terlebih dahulu. Terdapat dua macam asinan, yakni asinan sayur dan asinan buah. Ada juga yang mengenal asinan sayur dengan sebutan Asinan Betawi, dan asinan buah dengan sebutan Asinan Bogor. Keduanya sama-sama nikmat untuk disantap sebagai camilan.
 
Kelima menu ini masih mudah dijumpai di tempat makan tradisional, namun tak jarang juga yang menjajakannya dengan gerobak keliling. Sudah siap untuk mulai jadi vegetarian?
Scroll To Top