ID | EN

5 Media Digital Paling Efektif untuk Tempat Beriklan

Pilihan media digital sebagai tempat beriklan

Sebelum dunia digital menyentuh kehidupan sehari-hari, media beriklan yang digunakan oleh para brand adalah media konvensional seperti media cetak, televisi, radio, billboard, spanduk, dan sejenisnya. Setelah dunia digital hampir menyentuh segala bidang, para brand berlomba-lomba untuk beriklan di dunia internet dengan memanfaatkan berbagai media digital. Nah, kalau Anda salah satunya, Anda perlu tahu 5 media digital yang paling efektif sebagai tempat untuk beriklan berdasarkan hasil survei dari SurveyOne. Simak di bawah ini!

1. Facebook
Selain sebagai salah satu media sosial raksasa di dunia, Facebook juga merupakan media yang paling banyak digunakan untuk beriklan. Alasannya simpel, karena hampir semua orang mengakses Facebook setiap harinya. Mungkin target pelanggan Anda juga termasuk di dalamnya. Facebook juga diminati banyak brand sebagai tempat untuk beriklan karena harga paket beriklannya yang cukup beragam. Mulai dari yang terjangkau sampai yang mahal tersedia, karena itulah beriklan di Facebook juga bisa disesuaikan dengan bujet perusahaan Anda.

Photo source: http://www.pixabay.com

2. Instant Messenger
Berikutnya, hasil survey menunjukkan bahwa banyak brand menggunakan aplikasi instant messenger seperti WhatsApp dan Line untuk beriklan. Lagi-lagi alasannya karena aplikasi-aplikasi ini digunakan oleh para calon pelanggan untuk berkomunikasi setiap harinya. Maka, kemungkinan besar iklan Anda akan dilihat oleh mereka. Bagi Anda para pebisnis pemula, Anda juga bisa memanfaatkan fitur broadcast message untuk beriklan melalui aplikasi instant messenger. Namun, banyak pengguna aplikasi menilai cara ini sedikit mengganggu. Di sisi lain, cara ini cukup efektif karena pesan iklan yang Anda sampaikan akan langsung dibaca oleh target pelanggan Anda. Well, asal tidak terlalu sering dan iklan yang disampaikan dapat on target, iklan Anda bisa sukses, kok.

Photo source: http://www.pixabay.com

3. Instagram
Bagi Anda yang mengandalkan foto atau video singkat untuk iklan Anda, Instagram bisa menjadi media yang cocok untuk tempat Anda beriklan. Sebagai salah satu media sosial berbagi foto dan video, Instagram menjadi salah satu media sosial yang diminati oleh para pengguna internet. Foto produk memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelanggan, apalagi bila foto yang di-post memiliki estetika sendiri. Anda bisa memanfaatkan profil perusahaan atau beriklan melalui layanan beriklan di Instagram. Jangan lupa manfaatkan hashtag agar produk Anda semakin banyak dilihat, ya!

4. Website
Menggunakan website untuk beriklan bisa dengan cara mempromosikan website Anda dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) atau dengan menaruh banner produk Anda di beberapa website dengan jumlah pengunjung yang tinggi. Keduanya dinilai efektif karena audiens yang melihat iklan Anda dapat langsung mengunjungi website perusahaan Anda dan menilai sendiri apakah website Anda kredibel atau tidak. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat website Anda dengan tampilan yang sebaik mungkin dan manfaatkan banner apabila Anda sedang menawarkan promo menarik.

Photo source: http://www.flickr.com

5. YouTube
Banyak orang juga memanfaatkan YouTube sebagai media digital untuk beriklan. Jika tidak ingin mengeluarkan bujet alias gratis, video iklan bisa langsung diunggah ke channel YouTube Anda sendiri. Namun, tentu hal ini tidak akan efektif apabila jumlah subscribers Anda masih sedikit. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan fitur beriklan di YouTube dengan membayar sejumlah biaya di mana nanti iklan Anda akan ditempatkan di video dengan jumlah viewers yang cukup besar. Ada juga beberapa perusahaan yang menggunakan jasa content creator, yakni dengan membayar para artis YouTube atau yang juga disebut dengan YouTuber untuk membuat konten iklan sekaligus mempromosikannya di channel YouTube mereka yang biasanya sudah memiliki banyak subscribers. So, mana yang mau Anda pilih?

Scroll To Top