ID | EN

5 Rahasia Kulit Terlihat Sehat & Awet Muda

Ingin tampil segar dan awet muda? Yuk, jaga kesehatan skin barrier dengan cara berikut ini!
 
Seperti yang dilansir dari www.alodokter.com, skin barrier memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, yaitu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi, sinar ultraviolet, zat kimia, kuman, dan bakteri, serta menjaga kelembapan kulit. Sering kali kita tidak menyadari, kerusakan pada skin barrier dapat berasal dari luar maupun dari dalam. Kerusakan yang disebabkan oleh faktor luar, misalnya seperti terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari, udara yang terlalu lembab dan kering, sering mandi air panas, stres yang dikelola tidak baik, memiliki riwayat dermatitis atopik atau psoriasis, merokok, kurang tidur, mengonsumsi minuman beralkohol, pola hidup tidak sehat, proses penuaan, mengosnumsi obat-obatan tertentu, hingga diabetes. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan skin barrier sebagai garda terdepan lapisan kulit kita? Keep reading and scrolling.
 
 
1. Pilih Skincare Dengan Bahan Yang Lembut
Pilihlah produk perawatan kulit, seperti sabun, pelembap, sunscreen, sheet mask, dan lotion, berbahan lembut tanpa alkohol dan pewangi. Jangan lupa untuk perhatikan juga kadar pH-nya. Pilih juga skincare dengan pH yang menyerupai pH kulit normal agar mengurangi risiko terjadinya iritasi.
 
2. Gunakan Skincare Yang Mengandung Ceramide
Selain diproduksi secara alami oleh kulit, ceramide bisa ditemui di dalam produk pelembap, serum, maupun lotion. Berbagai penelitian telah membuktikan, produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat membantu mengurangi gejala akibat rusaknya skin barrier, lho.
 
Anda juga dapat memilih produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid, glycerin, dan petrolatum. Kandungan-kandungan tersebut dapat mencegah serta memperbaiki skin barrier, dan juga menjaga kelembapan kulit.
 

Photo by Toa Heftiba on Unsplash
 
3. Gunakan Skincare Dengan Kandungan Minyak Dari Tumbuhan
Menurut beberapa penelitian menyatakan adanya manfaat dari minyak yang diekstrak dari tumbuhan, seperti minyak jojoba, minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, atau minyak bunga matahari, dapat memperkuat skin barrier. Minyak dari berbagai tumbuhan tersebut juga diketahui memiliki efek antibakteri, anti-peradangan, dan antioksidan yang bisa membuat kulit jadi lebih sehat.
 
4. Hindari Kebiasaan Yang Merusak Kulit
Sadar atau tidak, mungkin Anda masih sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya berdampak buruk bagi kulit, misalnya mandi terlalu lama atau sering mandi dengan air hangat, dan menggaruk kulit dengan kasar. Jika Anda masih melakukannya, mulai saat ini tidak ada cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini. Karena kebiasaan ini dapat merusak skin barrier.
 
 
Saat mencukur rambut Anda juga perlu berhati-hati. Lumasi dengan krim, gel, atau lotion khusus, sebelum mencukur dan cukurlah rambut searah dengan tumbuhnya rambut. Selain itu, gunakanlah pelembap atau body lotion setelah mandi untuk menjaga dan mengunci kelembapan kulit.
 
5. Jalani Pola Hidup Sehat
Untuk menjaga kesehatan skin barrier, pastikan kamu menjalani pola hidup sehat. Konsumsilah makanan bergizi tinggi, minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan, berolahraga dengan rutin, dan tidur cukup setiap hari. Selain itu, faktor psikologis juga dapat berdampak pada kulit seseorang. Oleh karena itu sebaiknya kelolalah stress dengan baik. Beberapa bahan alami lainnya yang baik digunakan untuk menjaga kesehatan skin barrier adalah cuka apel, lidah buaya, dan minyak jojoba. Jadi, pastikan Anda menjaga kesehatan skin barrier dengan langkah-langkah di atas agar kulit terlihat sehat dan awet muda. Selamat mencoba!
Scroll To Top