ID | EN

5 Tanda Fisik Anda Miliki Pola Makan yang Buruk

Jika Anda menjalani gaya hidup yang tidak sehat, maka kemungkinan besar tubuh Anda akan mengirimkan tanda peringatan untuk mencegah terjadinya penyakit pada tubuh.
Photo by engin akyurt on Unsplash
 
Tahukah Anda bahwa tubuh sebenarnya memiliki cara tersendiri untuk memberitahu bahwa pola makan Anda tidak sehat dan dapat membahayakan nantinya? Untuk itu, perhatikan gejala-gejala berikut! Jika Anda mengalaminya, segeralah ubah pola makan Anda!

1. Rambut Rusak
Ada sebagian orang yang dikaruniai rambut sehat dan tebal, namun ada juga yang tidak seberuntung itu. Akan tetapi, rambut indah tak hanya berasal dari faktor gen, tapi juga faktor lainnya dari dalam tubuh.
 
Faktanya, folikel rambut adalah bagian tubuh pertama yang akan menderita akibat pola makan yang buruk.
 
Diet terlalu ketat bahkan sampai membiarkan perut kelaparan akan menyebabkan kekurangan protein yang membuat rambut kaku atau rontok. Kondisi itu juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asam lemak, zinc, vitamin C, dan zat besi.

2. Kerutan
Kita semua memang akan berkeriput saat menua. Namun, kita bisa mengendalikan seberapa cepat tanda-tanda penuaan akan muncul dengan cara menghindari kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok.
 
Menurut studi tim dari Universitas State Oregon, cara terbaik agar kulit tetap sehat adalah asupi tubuh dengan makanan tinggi vitamin A, C, D, dan antioksidan.
 

Photo by Caju Gomes on Unsplash

3. Sakit Gigi & Gusi
Jika Anda sering mengalami nyeri pada gigi atau gusi berdarah, kemungkinan terdapat gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Terlalu sering merokok dan mengonsumsi alkohol memang berdampak langsung pada kesehatan mulut.
 
Namun mengonsumsi gula berlebihan juga dapat menjadi pemicunya. Sisa-sisa gula di gigi dapat menimbulkan plak yang jika dibiarkan akan membuat gigi berlubang.

4. Gangguan Pencernaan
Jika perut terasa tidak nyaman setelah makan, seperti merasa kembung, mulas, nyeri, atau sulit buang air besar, itu merupakan pertanda bahwa Anda memiliki pola makan yang buruk. Salah satunya disebabkan karena kekurangan serat. Setiap hari kita direkomendasikan mengasup serat sekitar 25-35 gram.

5. Luka Sulit Sembuh
Luka kecil di kulit sering lama sembuh? Mungkin itu disebabkan oleh pola makan Anda yang tidak sehat, sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Ini menandakan Anda harus lebih rajin mengasup buah dan sayuran, serta lemak yang sehat.
Scroll To Top