ID | EN

5 Tips Agar Kuat & Tidak Lemas Saat Berpuasa

Ketika berpuasa tidak jarang Anda merasakan lemas dan tak bertenaga. Untuk mengantisipasi hal tersebut simaklah tips berikut ini.
Photo by Jason Briscoe on Unsplash
 
Menahan lapar dan haus merupakan salah satu tantangan di bulan puasa. Biasanya rasa lapar dan haus muncul ketika jam makan siang menuju sore hari. Hal ini disebabkan karena perut terbiasa terisi oleh makanan dan minuman secara rutin pada waktu tersebut. Sehingga menyebabkan Anda harus menyesuaikan diri tanpa asupan selama 12 jam. Tak jarang hal ini membuat tubuh terasa lemas saat tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Seperti yang dilansir dari www.halodoc.com, berikut tips menyiasati agar kuat saat berpuasa.
 

Photo by Taylor Kiser on Unsplash
 
Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat
Makan banyak serat akan menyebabkan menahan kenyang lebih lama. Karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna serat dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Itu sebabnya, Anda akan merasakan kenyang lebih lama. Jadi, agar Anda bisa lebih kuat saat berpuasa, perbanyaklah makan serat pada saat sahur maupun berbuka.
 

Photo by Clint McKoy on Unsplash
 
Perbanyak Air Putih & Makanan Yang Tinggi Cairan
Ketika berpuasa, tubuh banyak kehilangan cairan. Pastikan Anda minimal minum air 8 gelas setiap harinya. Supaya perut tidak kembung, sebaiknya Anda membagi konsumsi air putih secara bertahap, yaitu tiga gelas saat sahur dan berbuka, serta dua gelas sebelum tidur. Hindari kopi atau minuman yang mengandung kafein karena akan membuat Anda cepat haus.
 
Sedangkan untuk makanan, perbanyaklah makanan yang berkuah. Misalnya seperti sup atau soto. Selain bernutrisi, makanan yang berkuah juga akan memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.
 

Photo by Jan Sedivy on Unsplash
 
Hindari Karbohidrat Berlebihan
Tahukah Anda jika mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan akan membuat tubuh mengalami lonjakan gula secara tiba-tiba dan akan menurun dengan cepat? Hal ini akan menyebabkan tubuh akan lebih cepat merasakan lemas dan kurang bertenaga. Memang makan makanan berkarbohidrat membuat perut kenyang tapi juga cepat lapar. Sebaiknya saat hendak berpuasa, hindari mengonsumsi secara berlebihan makanan yang mengandung karbohidrat agar tubuh tidak mudah lapar dan lemas.
 

Photo by Leohoho on Unsplash
 
Bantu Dengan Konsumsi Vitamin
Agar tubuh tetap fit dan prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari saat berpuasa, bantulah dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin B12 san C sangat baik untuk tubuh karena dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dan juga sebagai penambah energi. Jadi pastikan Anda juga mengonsumsi multivitamin.
 
 
Berbukalah Dengan Hidangan Yang Manis
Tak jarang menjelang waktu berbuka puasa membuat Anda menjadi lapar mata. Sepertinya semua makanan akan terlihat lezat dan Anda menjadi kalap. Eits, tunggu dulu… Anda perlu ingat bahwa lambung membutuhkan penyesuaian setelah berjam-jam tidak berkerja. Untuk mengawali waktu berbuka puasa, sebaiknya minumlah air putih hangat atau teh tawar hangat. Air putih hangat atau teh tawar hangat dapat membasahi lambung sehingga siap bekerja kembali. Lalu, berbukalah dengan makanan manis karena tubuh membutuhkan asupan gula untuk mengganti gula darah yang terpakai pada saat berpuasa seharian. Agar kalori tidak bertumpuk, jangan berlebihan mengonsumsi makanan manis saat berbuka, ya.
Scroll To Top