ID | EN

5 Trik Agar Ruangan Terlihat Luas

Rumah kecil tidak akan menjadi masalah jika Anda mengetahui trik berikut ini agar rumah tetap terlihat luas dan nyaman.
Photo by Spacejoy on Unsplash 
 
Harga properti yang naik setiap tahun dan semakin terbatasnya lahan di ibu kota, membuat banyak masyarakat lebih memilih untuk memiliki hunian yang kecil. Namun, jika Anda memiliki hunian yang kecil namun ingin tetap terasa luas, ikuti trik mudah berikut ini!
 
1. Pasang Cermin
Trik paling mudah agar rumah atau ruangan terlihat luas adalah dengan memasang cermin. Pantulan yang dihasilkan oleh cermin seolah-olah akan membuat ilusi ruangan tambahan yang ada di dalam rumah. Anda bisa memasang cermin ukuran sedang hingga yang besar sesuai ukuran dinding agar ruangan terlihat semakin luas.
 

Photo by Spacejoy on Unsplash  
 
2. Gunakan Warna Cerah
Saat memilih warna cat dinding, utamakan untuk memilih warna yang cerah seperti putih, cream, atau abu-abu muda. Warna-warna cerah ini akan memantulkan cahaya dan memberikan kesan ruangan menjadi lapang dan cerah.
 
3. Pilih Motif Karpet yang Tepat
Jika ruangan Anda terdapat banyak furniture, pilihlah karpet dengan motif yang kecil. Sebaliknya, jika ruangan Anda tidak memiliki banyak furniture, pilihlah karpet dengan motif yang besar. Kedua hal ini akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas tanpa harus mengorbankan estetika.
 
 
4. Gunakan Jendela yang Besar
Jendela yang besar dapat membuat sebuah ruangan mendapat cahaya yang banyak. Selain membuat sirkulasi udara menjadi baik, jendela besar juga memberikan ruangan yang sempit terkesan luas dan juga terang.
 
5. Pasang Tirai Panjang
Setelah memiliki jendela yang besar, jangan lupa untuk memasang tirai yang panjang. Disarankan untuk memasang tirai yang memanjang dari plafon hingga lantai. Hal ini akan membuat ruangan Anda terlihat luas secara vertikal. Jangan lupa untuk memilih warna tirai yang sesuai dengan tema ruangan Anda, ya.
Scroll To Top