ID | EN

5 Wisata dekat Stasiun Bogor yang Wajib Dikunjungi

5 Wisata dekat Stasiun Bogor yang Wajib Dikunjungi

Butuh hiburan di akhir pekan, tapi tidak dapat pergi jauh-jauh? Untuk ke sekian kalinya, Alinear merekomendasikan Bogor sebagai alternatif wisata untuk menghabiskan akhir pekan.

Tidak perlu ikut bermacet-macetan untuk bisa menikmati momen liburan di Kota Hujan, cukup menggunakan moda transportasi umum commuter line, dan Anda sudah tiba di Bogor hanya dalam waktu sekitar 1 jam saja.

Dari Stasiun Bogor, Anda hanya perlu berjalan kaki untuk dapat menyambangi banyak tempat wisata di sini. Apa sajakah tempat wisata di dekat Stasiun Bogor tersebut? Cari tahu di sini!

1. Taman Ade Irma Suryani
Taman yang lebih dikenal dengan nama Plaza Kapten Muslihat atau Taman Topi ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sempat populer di tahun 1990 hingga 2000-an, taman hiburan rakyat ini tetap konsisten dengan wahana-wahananya yang terus berganti. Hingga kini sudah ada lebih dari 20 wahana yang masih beroperasi, dan yang terbaru adalah wahana virtual reality.

 Photo Source: http://hellobogor.com/

Berada tepat di sisi stasiun, Anda hanya perlu berjalan kaki saja menuju Taman Ade Irma Suryani. Harga tiket masuknya Rp 10.000 di hari biasa dan Rp 12.000 di akhir pekan atau hari libur Nasional.

Untuk mencoba ragam wahananya seperti bom-bom car, kuda ponny, kiddy ride, perahu air dan wahana lainnya, Anda harus merogoh kocek lagi sekitar Rp 6.000 - Rp 15.000.

Jalan Kapten Muslihat No.16, Paledang, Bogor Tengah, Bogor
Senin - Jumat 09.00 - 12.00 WIB. Sabtu & Minggu: 08.00 - 18.00 WIB

2. Istana Bogor
Salah satu wisata favorit di sekitar Stasiun Bogor lainnya adalah Istana Kepresidenan Bogor. Istana Bogor, rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor, yaitu sekitar bulan Juli - Agustus. Saat berkunjung ke sini, Anda bisa masuk dan berkeliling sambil menikmati betapa megahnya bangunan bersejarah ini.

 Photo Source: http://metrobali.com/

Selain masuk ke dalam istana, setiap akhir pekan, pengunjung dapat memberi makan rusa-rusa yang ada di istana ini, dari luar pagar. Cukup dengan membeli wortel yang banyak yang biasanya banyak dijajakan pedagang di sekitar istana dengan harga Rp 5.000 - Rp10.000.

3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasein)
Dahulu tempat ini merupakan salah satu pusat penelitian Herbarium Bogoriense, sekaligus Museum Etnobotani. Namun, karena koleksinya yang makin bertambah, namanya pun diubah menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Munasein menyimpan asal usul berbagai rekayasa genetik hasil alam di Indonesia, perkembangan holtikultura, hingga perjalanan hasil alam Indonesia. Untuk bisa masuk ke museum ini Anda hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja per orang.

 Photo Source: https://www.kemdikbud.go.id/

Jl. Ir. H. Juanda 22 - 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Bogor
Senin – Jumat: 08.00 - 16.00 WIB, Sabtu & Minggu: 08.00 - 14.00 WIB.

4. Kebun Raya Bogor
Sepertinya tak ada warga Ibu Kota yang tak kenal dengan wisata andalan Bogor satu ini. Bisa dibilang Kebun Raya Bogor adalah tujuan wisata favorit warga Jakarta saat berada di Bogor.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Setiap tahunnya koleksi dan atraksi wisata di Kebun Raya Bogor selalu ditambah.

Photo Source: http://metrobali.com/

Di akhir tahun 2017, wahana terbaru yang disuguhkan adalah rumah masa depan. Di wahana ini Anda bisa melihat siklus air di alam secara langsung, hingga teknologi terbaru di dunia yang memanfaatkan alam.

Masuk Kebun Raya Bogor bisa melalui beberapa pintu masuknya, dengan harga tiket masuk Rp 15.000 per orang mulai tahun 2018.

Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor
Setiap hari: 08.00 - 17.00 WIB

5. Taman Lapangan Sempur
Kawasan Sempur ini dulunya merupakan gelanggang olahraga bagi warga Bogor. Namun, kini telah berubah menjadi one stop entertainment yang menyenangkan, karena selain dapat berolahraga di sini Anda juga dapat berekreasi sambil menikmati pilihan kulinernya.


Photo Source: http://www.tribunnews.com/

Di sini juga terdapat Taman Ekspresi yang tiap bulannya rutin memutar film-film karya komunitas sineas Bogor dan Indonesia. Lalu ada juga area panjat tebing, bermain anak, dan skatepark.

Jl. Sempur Kidul No.65, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor
Setiap hari: 24 jam

Scroll To Top