ID | EN

6 Rekomendasi Fine Dining Untuk Bersantap Di Yogyakarta (Part 1)

Ini dia rekomendasi fine dining di Yogyakarta untuk bersantap bersama orang-orang terkasih. Yuk, simak selengkapnya hanya di sini!
Photo by Darryl Low on Unsplash
 
Yogyakarta memang memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Kota ini dikenal dengan kebudayaanya yang indah dan tak jarang membuat sebagian orang rindu untuk kembali lagi ke kota ini. Jika Anda berencana atau saat ini sedang berlibur di Yogyakarta dan ingin bersantap di restoran fine dining pilihan, simak 6 rekomendasi fine dining Di Kota Yogyakarta yang bisa dimasukan ke dalam daftar itinerary Anda.
 
1. Gadjah Wong
Terletak di Jalan Affandi no. 79 D, Depok, Sleman. Restoran fine dining ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun lokal. Di sini Anda akan disuguhkan berbagai macam menu, mulai dari masakan Indonesia, Barat, hingga India. Beberapa menu favorit Gadjah Wong yang harus dicoba adalah Australian Tenderloin, Tenderloin Teriyaki, Opor Ayam Lontong, Tom Yam Gong, Lamb Kofta, Quesadillas, Burritos, Chili Corn Carne, dan Grilled Duck Nasi Kuning. Bahkan restoran juga memiliki menu vegetarian juga. Untuk interiornya pun terbilang cukup unik, memiliki ruangan indoor maupun outdoor yang dikelilingi dengan taman. Bila Anda datang ke sini pada malam hari Anda dapat menikmati suasana bersantap yang lebih romantis.
 
 
2. Omah Dhuwur
Restoran berada di daerah Kota Gede, tepatnya di Jl. Mondorokan no.252. Tempat ini menyajikan beragam menu mulai dari menu tradisional Jawa hingga Western. Memiliki tatanan yang lekat dengan gaya Jawa dan taman yang asri. Tak heran jika restoran ini menjadi salah satu tempat makan yang selalu dipenuhi pengunjung, karena harganya yang terjangkau sekaligus memiliki tempat yang nyaman. Menu favorit yang harus dicoba di sini adalah Sop Buntut, Sate Kota Gede, dan Es Jambu Selarong. Selain itu di sini juga terdapat menu lainnya seperti Chicken Cordon Bleu, Ayam Goreng Sere, Bebek Santan Lombok Ijo, Spaghetti Beef Aglio Olio, Omah Dhuwur Salad, dan masih banyak lagi. Harga menu di Omah Dhuwur dimulai dari Rp20.000,- ke atas. Tertarik untuk mencoba?
 
3. Beukenhof
Setelah mengelilingi Museum Ullen Sentalu, Anda bisa mampir untuk bersantai sekaligus bersantap di restoran yang satu ini. Restoran ini berada di dalam Museum Ullen Sentalu. Memiliki perpaduan interior Kolonial Belanda-Jawa yang kental dan membuat para pengunjungnya kagum dengan suasana serta pemandangan yang cantik. Di sini Anda dapat menikmati pilihan menu mulai dari makanan Barat, Indonesia, hingga makanan peranakan Belanda-Indonesia. Sebut saja mulai dari Beukenhof Cordon Bleu, Virgina Half Chicken Roast, Chicken Smoor, Indische Asem Asem Daging, Asem Asem Londo, Gado Gado, Kielbasa Spicy Garuen, dan masih banyak lagi menu lezat lainnya. Tempat ini recommended banget! Dan juga instagramable bagi Anda yang suka berfoto ria.
 
 
4. Abhayagiri
Abhayagiri Venue And Dining merupakan hotel bintang lima yang juga memiliki restoran fine dining yang menjadi salah satu spot favorit untuk bersantap. Di sini Anda disuguhkan berbagai macam pilihan mulai dari hidangan Indonesia hingga internasional. Beberapa hidangan yang dapat dinikmati adalah Chicken Cajun, Chicken Labradorite, Bebek Kebuli, Sop Buntut, Beef Wellington, Abhyagiri Chicken Steak, Mendho Morosono, dan masih banyak lagi. Sadangkan pilihan menu minumannya pun beragam. Namun jangan lewatkan minuman Virgin Orange Mojito, Nangko Sabrang Punch, dan Sereh Blekuthuk khas Abhayagiri yang rasanya berbeda. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Candi Prambanan yang memukau sambil menikmati hidangan yang disajikan. Letaknya berada di daerah Sleman dan sangat dekat dengan Candi Prambanan. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda yang ingin bersantap santai sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Harga rata-rata makan minum dimulai dari Rp100.000,- ke atas per orang (sebelum dikenakan pajak).
 
5. Six Senses Resto
Berbeda dengan yang lain. Restoran ini menyajikan hidangan Mediterania dan Spanyol. Mulai dari sajian daging, ayam, seafood, hingga menu vegetarian ada di sini. Ada beberapa menu favorit yang harus dicicipi, adalah Gambas A La Sal untuk Tapas, Carpaccio De Ternera untuk appetizer, Ensalada De Salmon untuk salad, Gazpacho untuk soup, Trinxat Arrabiata untuk menu vegetarian, berbagai pilhan steak seperti tenderloin dan sirloin steak, Salmon Six Senses, Black Garlic Barramudi, dan Crema De Gambas untuk hidangan fish and seafood, Paela Mixta untuk menu Paellas Y Arroches, dan Signature Roast Chicken untuk menu poultry. Tidak hanya sampai di sana. Six Senses juga menyuguhkan berbagai macam minuman dan juga cocktail untuk menemani Anda bersantap. Harga menu mulai dari Rp50.000,- ke atas. Bagi Anda pecinta makanan Mediterania dan Spanyol pastikan untuk menyempatkan diri datang ke tempat yang satu ini.
 

Photo by Edward Howell on Unsplash  
 
6. Bale Raos
Nah, kalau restoran ini adalah restoran milik Sultan Hamengkubuwono X. Penasaran ingin tahu bagaimana sih menu sajian khas Keraton yang menjadi favorit para sultan Yogyakarta? Anda bisa cari tahu dan turut menikmati hidangan favorit para sultan Yogyakarta hanya di restoran yang satu ini. Sebut saja beberapa menu favorit para sultan yang bisa Anda coba, seperti Lombok Kethok, Sapitan Lidah, Gecok Ghanem, Bestik Lidah, Selada Huzar, Urip Urip Gulung, Singgang Ayam, Kapiratu, Tapak Kucing, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sini juga Anda dapat menikmati pilihan menu set, seperti Sekul Blawong Set, Jangan Bobor Komplit, Nasi Tradisional Set, Sekul Gurih Set, dan Sekul Jene Set yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Jangan lupa nikmati juga pilihan hidangan penutup dan juga minuman yang segar.

Dari daftar fine dining di atas, mana yang Anda tertarik untuk kunjungi? Tulis pesan dan kesan Anda di sini!
Scroll To Top