ID | EN

8 Cara Simpel Membuat Rumah Agar Terlihat Elegan

Mau tahu rahasia bagaimana cara membuat rumah agar terlihat elegan dengan cara yang simple? Yuk, intip di sini!
Photo source: Pinterest
 
Memiliki tampilan rumah yang berkesan elegan tidak selalu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Ada beberapa tips dan trik menarik dari Kristen Mcgowan, desainer interior dan lifestyle creation asal Canada, tentang bagaimana cara membuat rumah terlihat berkelas dan juga nyaman dengan cara yang sederhana dan mudah. Keep scrolling.
 

Photo source: Pinterest
 
1. Rolling Your Towels
Tempatkanlah handuk Anda dengan membentuk gulungan yang rapi dengan satu warna handuk. Misalnya warna putih atau warna pastel yang sewarna. Hindari warna-warni agar palette warna tetap fokus dengan warna yang senada. Simpanlah dan susun di dalam sebuah tempat, seperti keranjang rotan yang manis. Atau, bisa juga disimpan dalam rak di kamar mandi sehingga memudahkan untuk diambil saat hendak digunakan. Hal ini juga dapat membuat tampilan terlihat lebih mahal seperti yang biasa dilihat pada hotel dan resort bintang lima. Untuk mendapatkan kesan mewah, pastikan juga memilih bahan handuk berkualitas baik agar terlihat mahal.
 

Photo source: Pinterest
 
2. Kunjungi Highend Store
Melakukan window shopping dapat memberikan Anda inspirasi dan juga ide fresh untuk menjadikan rumah terlihat lebih nyaman dan mahal. Bila Anda ingin membubuhkan kesan luxury pada rumah, ada baiknya mengunjungi high-end store. Dari sini Anda dapat menyontek bagaimana cara mereka memadumadankan warna dan menata suatu ruangan agar terlihat lebih menarik, nyaman, dan juga elegan.
 

Photo source: Pinterest
 
3. Mengumpulkan Inspirasi & Referensi
Sosial media merupakan wadah inspirasi dan juga referensi bagi Anda yang ingin mewujudkan rumah impian. Sebut saja Instagram dan Pinterest di mana Anda bisa mendapatkan inspirasi dan referensi home and décor. Anda bisa save berbagai laman favorit home décor sesuai dengan selera dekorasi rumah yang Anda sukai. Selain itu, majalah juga bisa menjadi sumber referensi untuk mendapatkan ide menarik dalam menerapkan dekorasi menarik agar tampilan rumah lebih stand out.
 

Photo source: Pinterest
 
4. Pemilihan Lampu
Pengaturan pencahayaan lampu (lighting) merupakan salah satu hal penting dalam interior designer. Pengaturan pencahayaan lampu dapat menentukan dan membantu suasana rumah terlihat lebih menarik. Pentingnya pengaturan pencahayaan di rumah memberikan dampak yang signifikan, seperti memberikan efek rumah menjadi lebih luas, memberikan efek kedalaman, dapat menciptakan area ruangan baru, dan memberikan efek cozy. Pastikan lakukanlah pemilihan lampu yang tepat agar suasana rumah terlihat lebih menawan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan interior desainer yang memiliki pengalaman yang lebih dalam.
 

Photo source: Pinterest
 
5. Tanaman Hias
Yes! Tanaman hias dapat menjadikan suasana ruangan terlihat lebih fresh. Salah satu tanaman hias yang banyak digemari orang adalah bunga. Tanaman ini memiliki berbagai jenis dan warna. Bunga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih ramah dan hidup. Selain bunga, tanaman daun juga bisa menjadikan suasana ruangan terasa lebih sejuk dan adem. Biasanya tanaman dedaunan cocok disimpan di sudut-sudut ruangan untuk mengisi kekosongan. Tak hanya dapat mempercantik suasana, tanaman hias ternyata juga dapat menjaga kesehatan mental, lho.
 

Photo source: Pinterest
 
6. Bubuhkan Pattern
Ingin terlihat suasana ruangan terlihat lebih segar? Tidak ada salahnya membubuhkan pattern yang menarik pada tampilan interior maupun dekorasi rumah. Misalnya, menggunakan sarung bantal bermotif pada sofa, menggunakan karpet dengan motif dan warna yang dapat membuat suasana ruangan lebih stand out, menambahkan wallpaper atau wallpaneling pada ruangan, atau menggunakan lantai bermotif pada lantai kamar mandi. Lagi-lagi, manfaatkan media sosial untuk mendapatkan inspirasi menarik sesuai selera yang diinginkan.
 

Photo source: Pinterest
 
7. Minimalism
Less is more, mungkin Anda sering mendengar istilah ini. Salah satu cara menjadikan rumah terlihat lebih elegan adalah dengan mengedepankan konsep simplisitas. Menerapkan palette warna soft dan senada, dapat membuat suasana terlihat bersih dan berkelas. Hindari terlalu banyak barang di ruangan, karena banyaknya barang dalam ruangan dapat membuat suasana terkesan lebih sempit dan tidak teratur. Keep it simple!
 

Photo by Minh Pham on Unsplash
 
8. Matching Hardware
Perhatikan hardware yang Anda akan gunakan untuk interior rumah. Pemilihan material yang akan digunakan menentukan suasana rumah agar terlihat elegan, let’s say seperti pemilihan handle pada kitchen cabinet, atau pemilihan handle pintu yang terbuat dari besi dengan warna doff gold, bronze, silver, hitam yang disesuaikan dengan interior. Jangan lupa bandingkan harga offline shop dengan online shop untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan barang yang sama. Selamat mencoba!
Scroll To Top