ID | EN

8 Pola Hidup Sehat Untuk Umur Lebih Panjang

“Money is valuable, but time is more valuable”. Ingin Hidup 20 Tahun Lebih Lama? Cobalah mulai menerapkan 8 gaya pola hidup ini!
 
Tahukah Anda bahwa pola hidup sederhana dapat menambah hidup yang lebih panjang. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan seorang spesialis ilmu kesehatan di Departemen Urusan Veteran AS yang juga merupakan mahasiswa di Carle Illinois College of Medicine, menjelaskan:
 
Dari temuan penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan gaya hidup sehat penting bagi kesehatan masyarakat dan kesejahteraan pribadi. Semakin dini dilakukan akan semakin baik. Walaupun Anda telah memasuki umur 40, 50, atau 60-an, hal ini tetap baik untuk dilakukan untuk mendapatkan pola hidup yang sederhana namun bermanfaat. Selain dapat memperpanjang usia, akan bermanfaat untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik.
 
Apa saja pola hidup sehat yang dimaksud? Simak di bawah ini!
 

Photo by freestocks on Unsplash  
 
1. Memiliki Hubungan Sosial Yang Positif.
Dampak dari hubungan sosial yang positif ternyata dapat memperpanjang usia, lho. Apalagi di zaman seperti saat ini dimana masih banyak orang yang lebih mementingkan status sosial. Kalau Anda bagaimana? Apakah sudah memiliki hubungan sosial yang positif? Kalau belum, mulailah sejak dini.
 
2. Pengendalian Diri & Jangan Stress
Tentu stress tidak dapat dihindari dan akan selalu datang dalam hidup. Namun, dengan pengendalian diri yang baik dan cara yang benar, hal tersebut juga memiliki dampak untuk usia Anda. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memiliki pengendalian diri dan stress adalah sangatlah simpel, yaitu dengan mendengarkan lagu sesuai dengan playlist Anda sukai, diperkirakan mampu untuk memberikan rasa tenang pada rasa kecemasan Anda. Cobalah kontrol pernapasan Anda. Hal ini kemungkinan dapat memberikan efek pada pikiran juga.
 

Photo by Wes Hicks on Unsplash  
 
3. Jangan Kebanyakan Mengonsumsi Alkohol
Tentunya bagi sebagian banyak orang suka untuk mengonsumsi Alkohol. Namun, ternyata dengan mengurangi kadar atau frekuensi Anda minum alkohol, dapat memberikan hal positif selain kesehatan, juga usia Anda. Nah, bagi Anda yang masih suka minum alkohol secara rutin, mulailah untuk menguranginya. Selain itu, Anda akan merasakan kualitas hidup yang lebih baik. Namun, harus sabar yaa...
 
4. Pola Makan Yang Baik
Nah, pola makan juga penting, lho! Coba, apakah Anda sudah memiliki pola makan yang baik dan teratur dalam keseharian secara rutin? Ya, hal ini menjadi salah satu hal serta poin krusial yang harus diterapkan apabila Anda ingin memiliki hidup yang lebih baik dan umur panjang. Hindarilah mengonsumsi daging secara berlebih dan jangan lupa untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah.
 
 
5. Atur Pola Tidur
Tahukah Anda bahwa pola tidur akan berpengaruh yang cukup banyak untuk kesehatan dan umur Anda. Kurang lebih sekitar 20% memberikan efek positif bagi Anda.
 
6. Aktivitas Fisik Secara Rutin & Berolahraga
Bagi Anda yang tidak gemar berolahraga, cobalah cari aktivitas fisik lain. Hal ini akan memberikan efek yang cukup tinggi pada hidup. Selain fitness/gym, masih banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Dan, apabila Anda sudah menemukannya, cobalah dilakukan secara rutin.
 

Photo by Deniz Altindas on Unsplash 
 
7. Hindari Penggunaan Obat Nyeri Secara Berlebih
Sering mengonsumsi obat nyeri secara berlebih dapat menurunkan kualitas hidup Anda. Namun, untuk Anda yang sedang disarankan untuk mengonsumsi, konsumsilah sesuai anjuran, lakukan lah sesuai dosis yang disarankan. Perlu diketahui dan diingat bahwa penggunaan obat yang berlebih tidak baik untuk kesehatan.
 
8. Tidak Merokok
Kabar baik untuk Anda yang tidak merokok, bersenanglah karena dengan tidak merokok, diharapkan Anda akan memiliki umur panjang. Ada fun-fact yang mengatakan bahwa dengan tidak merokok, Anda akan lebih memiliki hidup tujuh tahun lebih panjang, lho...
 
Nah, jadikanlah hal ini motivasi Anda untuk selalu hidup sehat dengan tidak merokok. Bagi Anda yang perokok aktif, sebaiknya mulailah untuk menguranginya. Karena dengan tidak merokok, tubuh Anda akan merasakan hal yang berbeda (lebih sehat) dan akan ada hal baru yang diadaptasi oleh tubuh Anda.
 

Photo by JJ Shev on Unsplash
 
Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang lebih baik. 8 pola gaya hidup diatas ini sangat simpel, bukan? Namun, pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan secara berimbang. Tapi... mulailah dari hal yang paling Anda sukai, dan secara bertahap menerapkan yang lainnya. Yuk, mulai sejak dini!
Scroll To Top