ID | EN

8 Tempat Wisata Alam di Bandung Yang Memiliki Pemandangan Indah

Bandung merupakan salah kota wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain terkenal memiliki wisata kuliner yang lezat, kota ini juga memiliki pemadangan alam yang indah. Yuk, cari tahu objek wisata alam di Bandung yang menarik untuk dikunjungi!
 
Pergi berlibur ke kota yang satu ini selalu menyenangkan. Karena selain memiliki beragam kuliner enak, kota ini juga dikenal dengan berbagai objek wisata yang memiliki pemandangan yang indah. Letaknya 130 km dari Jakarta. Dikenal dengan udaranya yang sejuk karena kota ini berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh pegunungan. Jika Anda hendak mengadakan trip ke Bandung dan ingin melihat objek wisata alam dengan pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran Anda kembali, tandanya Anda harus mengunjungi objek wisata berikut ini.
 

Photo by Roman Bintang on Unsplash
 
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung ini berada 20 km di sebelah utara Kota Bandung. Jalan menuju gunung ini memiliki jalan yang berkelok-kelok dan juga pemandangan yang asri. Dikelilingi oleh hutan pinus yang indah dan juga memiliki hawa yang sejuk. Waktu yang tepat mengunjungi gunung ini adalah saat pagi hari. Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif. Sebenarnya gunung ini memiliki 9 kawah. Namun yang dibuka untuk umum hanya tiga kawah, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Sisa kawah yang lainnya tidak dibuka untuk umum karena menghasilkan gas yang beracun.
 

Photo by abu abdillah on Unsplash
 
Kawah Putih
Kawah ini adalah salah satu destinasi wisata alam popular di Bandung. Kawah ini terkenal dengan warnanya yang putih tetapi bisa berubah warna menjadi biru kehijauan. Jangan lupa untuk memasukan tempat ini ke dalam daftar destinasi wisata Anda yang wajib dikunjungi. Karena selain memiliki panorama yang indah, Kawah Putih juga merupakan tempat yang Instagramable untuk berfoto ria, lho. Letaknya berada di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kurang lebih dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan mobil dari Bandung. Fyi, Kawah Putih juga merupakan salah satu spot cantik untuk melihat matahari terbit.
 

Photo by Ismail Hamzah on Unsplash
 
Situ Patenggang
Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang berada di daerah Bandung Selatan. Tempat ini letaknya tidak jauh dari Kawah Putih. Yang membuat menarik dari tempat ini adalah pada area pinggir danaunya dikembangkan menjadi area glamping. Sehingga para pengunjung bisa menginap di sini. Seru banget! Walaupun tidak menginap, para pengunjung dapat mampir ke Resto Pinisi yang dibangun di sisi danau. Restoran ini dibangun di atas sebuah kapal pinisi dan memiliki pemandangan memukau yang menghadap ke arah danau.
 

Photo by Rizal Hamzah on Unsplash
 
Hutan Taman Ir. H. Djuanda
Hutan Taman Ir. H. Djuanda atau sering disebut juga Tahura adalah objek wisata hutan yang harus banget Anda kunjungi. Terletak di Dago Pakar, Tahura merupakan kawasan hutan yang asri dan mudah dikunjungi oleh semua orang. Di sini Anda bisa trekking sambil menikmati keindahan alam dan udara sejuk hutan. Seru kan di kota masih ada hutan untuk dinikmati? Benar-benar bisa membuat pikiran jadi lebih fresh sekaligus badan sehat melakukan olahraga. Selain itu, di Tahura Anda bisa melakukan piknik di salah satu area terbuka yang ada. Make sure jangan mengotori area Hutan dengan bekas sampah Anda, ya! Tetap jagalah kebersihan lingkungan kita.
 
 
Tebing Keraton
Nah, kalau tempat yang satu ini berada di dalam area Taman Hutan Raya Ir. Juanda atau Tahura. Untuk bisa sampai ke sini, Anda harus trekking selama beberapa waktu. Sesampai di sini, Anda dapat selfie di atas tebing yang memiliki pemandangan alam spektakuler! Tebing Keraton juga terkenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati sunrise di pagi hari. Tentunya harus berangkat lebih pagi jika Anda ingin melihat indahnya sunrise dari Tebing Keraton.
 
 
Bukit Moko
Kalau mau lihat sunset atau menikmati cahaya Kota Bandung di malam hari, tempat ini merupakan tempat terkenal di Bandung. Untuk bisa sampai ke Bukit Moko, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor melalui Jalan Padasuka dan Jalan Cimenyan. Namun, sayangnya jalanan ke arah Bukit Moko tidak terlalu mudah dilalui karena jalanannya cukup curam dan kondisi di beberapa area tidak begitu bagus. Sebaiknya Anda menyewa mobil atau travel yang sudah berpengalaman mengantar para wisatawan ke tempat ini.
 

Photo by sendi gibran on Unsplash
 
Kampung Cai Ranca Upas
Objek wisata ini adalah sebuah area camping terkenal di daerah selatan Bandung. Dikelilingi pemandangan alam yang indah dengan suhu yang dingin, dan juga memiliki akomodasi yang lengkap. Uniknya, di sini terdapat penangkaran rusa, lho! Penangkaran rusa inilah yang menjadikan Kampung Cai Ranca Upas sempat viral di media sosial. Bayangkan, Anda bisa datang camping sekaligus bermain dengan rusa di waktu pagi atau sore hari. Selain itu, Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki kolam pemandian yang langsung dari alam. Jadi banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan selama di sini.
 

Photo source: Sanghyang Heuleut - Google Web (Images)
 
Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut merupakan kolam alam yang sudah terbentuk sejak jaman prasejarah. Bahkan ada legenda yang menyebutkan jika kolam ini adalah tempat pemandian para bidadari dari kayangan. Dengan air yang dingin dan cukup jernih, pemandangan yang indah dan bebatuan berwarna putih di sekelilingnya, menjadikan berenang di Sanghyang Heuleut terasa sangat menyenangkan. Mengunjungi tempat ini bisa membuat pikiran Anda segar kembali. Lokasinya berada kurang lebih 2 jam ke arah bagian barat Kota Bandung. Untuk bisa sampai ke area laguna, Anda harus hiking terlebih dahulu dari tempat parkir sesampainya di sana. Jadi, destinasi wisata mana yang paling ingin Anda kunjungi di Bandung?
Scroll To Top