ID | EN

Bagaimana QR-Code Berdampak Pada Marketing Dan Bisnis Anda?

Cara Memanfaatkan Teknologi QR untuk Memaksimalkan Pemasaran dalam Bisnis.
 
Beberapa tahun belakangan ini QR-Code telah menjadi kebutuhan pokok. Terlebih ketika pandemi muncul beberapa tahun lalu. Hampir di semua sektor menggunakan QR, baik digunakan untuk tujuan marketing, pemasaran produk, dan/atau bisnis. Lalu, bagaimana peran dan kegunaan QR-Code sebenarnya dan manfaatnya? Ikuti selengkapnya di bawah ini!
  
Peran dan kegunaan QR-Code sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, digunakan di sebuah event atau acara untuk pendataan (data-entry). Dengan hanya memindai barcode QR yang telah ter-generate dan sesuai dengan kebutuhan Anda, user akan dengan mudah mengakses dan mengisi data yang akan berguna sebagai data dan informasi. Anda akan dengan mudah mengetahui bagaimana behaviour dan interest konsumer terhadap brand/produk dari bisnis Anda. Atau, dapat dikatakan QR-Code dapat melengkapi kebutuhan CRM (Customer Relationship Management) pada bisnis Anda.
 

Photo by Albert Hu on Unsplash
 
Apakah data itu penting? Jawabannya sudah pasti: Ya! Data sangat penting dan berguna untuk setiap bisnis. Terlebih saat ini secara langsung maupun tidak langsung masyarakat (user) “dipaksakan” untuk mengetahui dan berinteraksi dalam digital. Bayangkan saja Anda mempunyai data dan menggunakan data tersebut untuk lebih memasarkan produk atau bisnis Anda. Dimana data yang Anda miliki sudah pasti sesuai dengan kategori dan target dari bisnis Anda. Disinilah salah satu peran dan manfaat dari QR-Code ketika Anda menggunakannya dengan baik untuk kepentingan usaha atau bisnis Anda.
 
Anda pasti sering melihat barcode QR pada meja makan atau kasir di sebuah restoran atau tempat makan. Selain berperan untuk pendataan seperti yang disebutkan di atas, QR Code juga dapat memberikan akses langsung (direct) kepada user menuju ke laman tertentu untuk melakukan suatu action. Dalam hal ini sering disebut dengan call-to-action. Dengan QR, Anda akan memberikan pengalaman pada konsumer untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, Anda menggunakan QR-Code sebagai salah satu sarana promosi untuk redeem kupon/voucher, atau menhubungkan QR-Code dengan metode pembayaran digital.
 
 
Selain itu, QR Code juga dapat diimplementasikan untuk mengedukasi atau dijadikan sebagai panduan/tutorial tertentu. Misalnya Anda ingin memberikan edukasi pada suatu hal dan memberikan informasi yang lebih rinci terhadap sesuatu. Dengan memindai kode QR, Anda akan mengarahkan dan menghubungkannya langsung ke informasi tersebut, dapat bermanfaat sebagai product knowledge, tutorial, atau panduan lainnya. Di restoran misalnya, QR juga berperan agar konsumer dapat membuka dan mengakses menu makanan secara online.
 
Tahukah Anda bahwa hampir di semua produk telah menggunakan QR? Coba saja Anda lihat pada sebuah kemasan pada bagian belakang, dimana hampir semua produk telah mengintegrasikannya dengan QR. Dengan teknologi QR-Code, Anda akan memberikan experience secara digital dengan nyaman kepada pengguna. Menciptakan dan mengintegrasikan experience digital yang meningkatkan pengalaman fisik (konsumen/user) dengan tujuan yang tidak terbatas. Itulah QR!
 

Photo by the blowup on Unsplash
 
Kesimpulan:
QR-Code sangat dinamis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan QR, Anda akan merasakan bagaimana mendapatkan dan mengumpulkan data/informasi dengan cara yang simple dan nyaman. Anda juga dapat menggunakannya untuk kebutuhan-kebutuhan marketing seperti halnya CRM (Customer Relationship Management), mengetahui dan mendapatkan behaviour atau insights yang lebih, mengumpulkan data/bio, feedback/review, campaign, sarana promosi, edukasi, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan performa pada bisnis Anda.
Scroll To Top