ID | EN

5 Cara Esensial Menjaga Pikiran & Tubuh Yang Sehat Berkualitas

How to keep and balance your mind, body, & soul? Simak di bawah ini!
Photo by Jack Ward on Unsplash
 
Sangatlah mudah kita mengabaikan keseimbangan dalam hidup yang ternyata dapat berpengaruh kepada kesehatan, baik mental, fisik, maupun pikiran. Salah satu yang paling banyak ditemui yaitu stres atau kelelahan dari padatnya aktivitas rutin sehari-hari.
 
Dampaknya mungkin tidak disadari bahwa hal tersebut sangat berakibat pada kesehatan. Lalu, apa dampaknya pada kesehatan fisik? Sadar atau tidak disadari, kekebalan atau imunitas tubuh akan menurun.
 
Cobalah berinvestasi, tapi pada konteks berinvestasilah pada waktu dan upaya merilekskan pikiran atau memberikan waktu pada tubuh dan pikiran untuk santai sejenak. Hal tersebut membawakan banyak manfaat dan dampak positif di setiap aspek kehidupan kita. Janganlah terlalu diforsir, dan mulai mengatur pola dan waktu agar tubuh menjadi lebih sehat upaya mencapai kesejahteraan. Nah, berikut ini adalah tipsnya!
 
1. Mengonsumsi Suplemen/Vitamin Alami
 
 
Tahukah Anda bahwa mengonsumsi vitamin merupakan hal yang penting dan akan berpengaruh pada kesehatan dan pikiran Anda? Dengan mendapatkan nutrisi yang baik, vitamin, mineral, atau ektrak herbal yang baik untuk tubuh, dapat memperbaiki sistem yang terhubung dengan otak dan tubuh sehingga akan berpengaruh terhadap pikiran Anda.
 
2. Olahraga Rutin
Olahraga teratur adalah landasan agar aktivitas fisik berkontribusi pada kebugaran fisik Anda, serta memiliki banyak manfaat lain yang akan berpengaruh pada kesehatan mental Anda. Dengan olahraga, Anda akan memiliki berat badan dengan tubuh yang sehat, memperkuat otot dan tulang, dan juga mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung atau diabetes.
 
 
Selain itu ketika rutin berolahraga, tanpa disadari Anda telah melepaskan endorfin, suasana hari akan lebih tenang dan kuat untuk mengurangi kadar stres, kecemasan, atau depresi. Olahraga juga akan meningkatkan kualitas tidur yang baik.
 
3. Tetaplah Terhidrasi
Air sangat penting dalam berbagai aspek dan memiliki fungsi pada tubuh. Hidrasi yang baik akan membantu suhu tubuh, mengantarkan nutriri ke sel-sel pada tubuh, yang juga berperan sebagai pelumas sendi Anda. Selain itu, pencernaan akan lebih baik bekerja, serta membuat sirkulasi tubuh menjadi lebih sehat secara efektif.
 
 
Lalu, berapa banyak Anda sebaiknya minum air agar tetap terhidrasi? Jawabannya adalah setiap orang berbeda, dan tergantung dari aktivitas dan rutinitas tubuh. Anda akan mengetahuinya dan merasa saat tubuh Anda mulai membutuhan asupan air. Namun normalnya minimal seseorang mengonsumsi air putih 8 gelas, atau setara dengan 2 liter per hari.
 
4. Kualitas Tidur
Selama tidur, tubuh kita mengalami proses perbaikan dan peremajaan, sementara otak kita akan mengkonsolidasikan ingatan dan memproses suatu informasi. Menetapkan jadwal tidur yang teratur sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur.
 
Photo by Zohre Nemati on Unsplash
 
Usahakan untuk tidur 7-9 jam setiap malam, agar mendapatkan manfaat dari istirahat yang dalam dan berkualitas. Meningkatkan kualitas tidur dapat dicapai melalui berbagai cara sesuai dengan Anda.
 
Mulailah menciptakan rutinitas waktu tidur secara sederhana dan santai seperti mencoba teknik-teknik relaksasi pada tubuh, mandi air hangat, atau membaca buku. Hal itu akan memberikan sinyal pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk bersantai dan beristirahat.
 
5. Hubungan dan Interaksi Sosial
 
 
Sebagai makhluk sosial, hubungan dan interaksi kita dengan orang lain sangat memengaruhi kesejahteraan kita secara keseluruhan. Misalnya pada keluarga: memprioritaskan dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang terkasih.
 
Contoh lainnya untuk menjaga hubungan sosial adalah, mencoba untuk terlibat dalam aktivitas dan hobi yang mendorong interaksi sosial seperti bergabung dengan klub atau organisasi yang sesuai dengan minat Anda, atau berpartisipasi dalam latihan kelompok atau kelas. Dan, Ingatlah bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas dalam interaksi sosial.
 
Healthy Mind, Healthy Lifestyle!
Scroll To Top