ID | EN

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan Saat Belanja Online

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan Saat Belanja Online

Saat ini banyak orang yang sudah tidak lagi pergi ke toko atau mall untuk membeli barang. Mereka lebih memilih dan menyukai berbelanja secara online, karena bisa dilakukan di manapun dan kapanpun Anda mau.

Meski begitu, ada juga sejumlah orang yang masih enggan membeli barang yang diinginkannya secara online, karena masih ragu dengan keamanannya. Belum lagi banyaknya kasus penipuan yang masih marak terjadi membuat citra belanja online menjadi buruk. 

Keamanan memang selalu menjadi hal yang paling penting, apalagi jika melibatkan transaksi sejumlah uang di dalamnya. Nah, tips berikut ini juga akan membantu Anda berbelanja online dengan aman. Yuk, disimak!

1. Belanja di Situs Terpecaya
Sebagian besar kasus kejahatan saat belanja online terjadi karena tertipu oleh akun-akun media sosial atau situs belanja yang tidak kredibel. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memilih untuk belanja online melalui situs atau akun media sosial yang memang sudah populer dan terpercaya.

2. Pastikan Web Telah Terenkripsi SSL
SSL (Secure Socket Layer) adalah alat yang memberikan privasi ketika Anda memberikan informasi dalam sebuah situs web. Caranya mengetahuinya mudah kok, jika sebuah website memiliki enkripsi SSL, maka URL (Uniform Resource Locator)nya akan dimulai dengan HTTPS:// bukan HTTP://. Anda juga dapat mengeceknya dengan melihat ikon gembok yang berada tepat di samping address bar atau di bagian bawah status bar tergantung jenis browser yang Anda gunakan. 

Apabila sebuah situs belanja online telah menggunakan SSL, kemungkinan besar situs tersebut dapat dipercaya keamanannya.

3. Bijaksana
Memang wajar jika Anda dimintai beberapa informasi pribadi saat akan melakukan transaksi secara online, tapi informasi yang diperlukan biasanya hanya sebatas nama, alamat, nomor kontak, dan nomor rekening. Jika informasi yang diminta lebih dari itu, maka Anda patut mewaspadainya.

4. Lindungi Perangkat Anda
Pastikan perangkat yang Anda gunakan untuk belanja online telah terinstal program anti-virus yang akan melindungi perangkat Anda dari virus, program malware, dan spyware yang dapat mengakses informasi dari perangkat yang Anda gunakan.

5. Periksa Laporan Rekening
Periksa saldo rekening Anda setelah transaksi belanja online sehingga Anda yakin bahwa uang yang telah dibayar sesuai dengan jumlah yang diambil dari akun Anda. Jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, maka Anda dapat menghubungi penerbit kartu kredit Anda dan meminta informasi transaksi terbaru Anda.

Selamat berbelanja online!

Scroll To Top