ID | EN

Tak Perlu ke Jepang, Indonesia Punya 6 Tempat Buat Lihat Bunga Sakura

Di Indonesia juga ada bunga sakura yang bisa Anda lihat, lho. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Jepang!
Photo by Shotaro Sawada (Instagram)
 
Saat musim semi tiba, Jepang menarik para wisatawan untuk berkunjung karena bunga sakura sedang mekar. Musim ini juga dikenal dengan tradisi hanami atau cherry blossom festival. Kalau kamu belum sempat ke sana, jangan khawatir. Di Indonesia juga ada 6 tempat buat lihat bunga sakura. Check these out!
 
1. Kebun Raya Cibodas, Bogor
Kebun Raya Cibodas memiliki tujuh jenis bunga sakura yang ditempatkan di Taman Sakura, dekat Air Terjun Cibogo. Taman Sakura yang memiliki luas 7.500 meter persegi ini mekar dua kali dalam setahun. Tinggal pilih, bisa datang antara bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus.
 
 
Tapi perlu diketahui jika bunga sakura di Kebun Raya Cibodas tidak bisa mekar sepenuhnya seperti di Jepang. Ini dikarenakan udara dan iklim yang tidak sama. Namun keindahan warnanya tetap bisa kamu nikmati, sambil menghirup udara yang sejuk dan bersih.
 
2. Waingapu, Sumba Timur
 
 
Siapa sangka kalau di tanah Sumba yang dikenal dengan padang sabana yang luas juga punya bunga sakura. Bahkan, kamu bisa melihatnya di pinggir jalan hingga ke pedesaan yang ada di Waingapu. Bisa dibilang, bunga sakura menjadi tanaman liar yang tumbuh di sini. Jika mau melihat bunga sakura di Sumba, datang saja ke Waingapu sekitar bulan Oktober hingga November.
 
3. Karangasem, Bali
 

Photo by Iqbal Alfaa on Unsplash
 
Ratusan bibit bunga sakura sudah ditanam sejak tahun 2012 di Karangasem, Bali dengan jenis Sakura Yoko. Jenis ini adalah bibit bunga sakura yang bisa tumbuh dan bertahan di beragam suhu. Selain itu, Anda juga bisa lihat bunga sakura yang tumbuh di Kebun Raya Eka Karya yang tumbuh sekitar bulan April dan September.
 
4. Batam, Kepulauan Riau
 

Photo by Steve Pham on Unsplash
 
Di Batam, Anda bisa menikmati indahnya bunga sakura yang tumbuh sebagai ‘pemanis’ kawasan industri. Bunga sakura di Batam memang berada di kawasan industri Batam Indo, tepatnya di halaman Masjid Nurul Islam. Masyarakat setempat menyebut pohon bunga sakura ini dengan nama tabebuya. Uniknya, di kompleks ini bunga sakura mekar cukup lama yakni selama tiga bulan, mulai bulan Maret hingga bulan Mei.

5. Puspiptek, Tangerang
 

Photo by Nicole Ong on Unsplash
 
Bunga sakura juga bisa kamu lihat di Tangerang, tepatnya di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek). Sama seperti di Kebun Raya Cibodas, bunga sakura di sini dapat mekar dua kali dalam setahun. Kamu bisa langsung melihat cantiknya bunga sakura di sebelah wisma tamu Puspiptek. Karena kecantikannya, tak heran banyak masyarakat yang khusus datang ke Puspiptek untuk berfoto di depan bunga sakura ini.
 
6. Karanganyar, Jawa Tengah
 
 
Sekitar 60 pohon sakura ditanam di atas lahan seluas 1,2 hektar yang ada di Desa Gondosuli Cemoro Kandang, Karanganyar, tepatnya di Taman Wisata Sakura Gunung Lawu. Bunga sakura ditemani pemandangan Gunung Lawu yang cantik, pastinya akan sangat memanjakan mata dan menjadi destinasi wisata yang tak terlupakan.
 
Nah, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang kalau mau lihat bunga sakura, kan?
Scroll To Top