ID | EN

Komitmen Gudang Garam Memproduksi Kretek Berkualitas Tinggi

Intip kisah salah satu perusahaan terkemuka di bidang industri rokok.

Gudang Garam adalah salah satu perusahaan Indonesia yang bergerak di industri rokok yang telah didirikan sejak tahun 1958 di Kediri, Jawa Timur, oleh Surya Wonowidjojo.

Perusahaan yang telah menjadi salah satu perusahaan rokok kretek terkemuka di Indonesia ini hanya berawal dari industri rumahan dengan memproduksi sigaret kretek klobot (SKL), yakni jenis rokok yang menggunakan daun jagung yang dikeringkan sebagai pembungkusnya dan dilinting menggunakan tangan. Jenis rokok ini masih bisa Anda temukan di pedesaan Jawa Timur.

Selain SKL, Gudang Garam juga memproduksi sigaret kretek linting-tangan (SKT). Setelah industri rokok Gudang Garam berjalan, permintaan pasar kian meningkat setiap harinya hingga Gudang Garam berkembang menjadi firma pada tahun 1969.

Hanya berselang dua tahun, Gudang Garam berubah menjadi sebuah PT pada tahun 1971 dan mendapatkan fasilitas Penanaman Modal Dalam Negeri dari pemerintah yang tentunya sangat membantu proses produksi Gudang Garam.

Photo source: http://www.gudanggaramtbk.com

Mengikuti perkembangan zaman, Gudang Garam menambah jenis produknya dengan sigaret kretek linting-mesin (SKM), yakni rokok yang dilinting dengan menggunakan tenaga mesin pada tahun 1979.

Kini ketiga jenis rokok yang diproduksi oleh Gudang Garam tersebut terbagi menjadi beberapa merek, yakni yang pertama adalah Gudang Garam Family yang terdiri dari Gudang Garam International, Gudang Garam Merah, Gudang Garam Djaja, Gudang Garam Gold, Gudang Garam Signature, dan Gudang Garam Signature Mild.

Yang kedua adalah Surya Family yang terdiri dari Surya, Surya Pro Mild, Surya Professional, dan Surya Exclusive. Yang ketiga adalah GG Family yang terdiri dari GG Mild dan GG Mild Shiver.

Selain merek-merek tersebut, ada juga merek lainnya yang diproduksi oleh Gudang Garam, yakni Sriwedari, Klobot, dan Gudang Garam Deluxe.

Photo source: http://www.gudanggaramtbk.com

Pastinya Anda sudah familiar, kan, dengan merek-merek tersebut? Karena Gudang Garam mendistribusikan produk-produknya ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke internasional, lho.

Negara-negara seperti Malaysia, Jepang, hingga negara di Timur Tengah juga memberikan kontribusi besar sebagai konsumen Gudang Garam. Melalui anak perusahaannya, PT Surya Madistrindo, Gudang Garam mendistribusikan sendiri produk-produknya.

Selain itu, Gudang Garam juga memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti industri kertas, jasa transportasi, industri rokok elektrik, hingga jasa hiburan. Nice!

Scroll To Top