ID | EN

Komposisi Makanan Sahur yang Sehat & Bernutrisi

Kunci agar kuat berpuasa ada pada menu sahur, lho. Semakin sehat & penuh nutrisi, maka kebutuhan tubuh akan semakin terpenuhi untuk membantu Anda berpuasa. Simak tips berikut!
 
Sebagian dari kita mungkin berpikir menu sahur yang mengenyangkan menjadi kunci untuk kuat berpuasa. Ternyata, menu yang dikonsumsi waktu sahur sangat menentukan kelancaran berpuasa kita. Pola makan yang sehat tentu akan memberikan energi untuk tubuh, sehingga Anda tidak akan merasa lemas & kuat berpuasa hingga waktu berbuka. Pastikan menu sahur Anda mengandung bahan berikut ya!
 
 
1. Karbohidrat Kompleks
Jenis karbohidrat kompleks seperti oatmeal, nasi merah, gandum, dan ubi jalar termasuk pemberi asupan energi Anda untuk berpuasa. Karbohidrat kompleks ini akan dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Agar lebih mudah, Anda bisa mengonsumsinya sebagai pengganti nasi putih.
 
 
2. Sayur dan Buah
Kedua menu ini tentu paling mudah disiapkan. Sayuran apapun, termasuk sop sayuran yang biasanya terdiri dari kol, wortel, buncis, dan kentang, tentu mengandung serat yang tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Jangan lupa tutup waktu sahur dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin baik untuk tubuh.
 
 
3. Protein Tinggi
Protein tinggi seperti susu, telur, daging ayam, sapi, dan ikan sangat direkomendasikan untuk menu sahur. Protein tinggi ini dapat membantu memperbaiki jaringan yang ada di dalam tubuh. Tapi perlu diingat, jangan lupa untuk menyisihkan lemak jahat yang menempel di daging untuk mencegah kolesterol.
 
 
4. Lemak Sehat
Tak semua jenis lemak itu buruk lho. Ada jenis lemak sehat yang biasa ditemukan di buah alpukat, yogurt, olive oil, dan kacang-kacangan yang berfungsi sebagai cadangan energi untuk tubuh. Jika dikonsumsi saat sahur, pastinya tubuh akan semakin kuat menahan lapar hingga waktu berbuka.
 
 
5. Air Putih
Yang terakhir, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup. Dengan meminum 3-4 gelas air putih saat sahur, tubuh Anda akan terhindar dari dehidrasi dan tidak mudah lemas.
Scroll To Top