ID | EN

Langkah Sederhana Gunakan Media Sosial Secara Bijak

Lebih bijak menggunakan media sosial dengan cara ini. Cekidot!
Photo by Ana Tavares on Unsplash
 
Hampir semua orang senang membagikan banyak hal di media sosial. Seolah menjadi kegiatan rutin, entah pengalaman yang baru saja dilalui sampai hal yang sifatnya personal, terpampang di media sosial. Padahal, dalam menggunakan media sosial ada hal yang boleh dan tidak boleh kita bagikan kepada pengguna lain. Berikut langkah sederhana menggunakan media sosial secara bijak.
 
 
1. Berpikir Sebelum Mem-posting
Tahan diri Anda untuk tidak mem-posting informasi yang bersifat pribadi, termasuk alamat rumah, nomor telepon maupun kegiatan rutin. Jangan sampai informasi tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Misal, Anda mengalami pecah ban saat berkendara menuju suatu tempat. Usahakan untuk tidak mem­-posting kejadian tersebut di media sosial, untuk meminimalisir tindak kejahatan. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada orang jahat yang memanfaatkan unggahan tersebut untuk menggasak harta benda dan kendaraan Anda.
 
 
2. Katakan Tidak Pada SARA dan HOAX
Periksa kembali dan pastikan konten yang hendak Anda bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA dan HOAX. Hal tersebut juga berlaku pada komentar yang akan Anda bagikan pada unggahan orang lain. Pada dasarnya, SARA merupakan tindakan berdasarkan pikiran sentimen mengenai suku, agama, ras atau golongan tertentu. Itu sebabnya, isu yang mengandung SARA berpotensi memecah belah masyarakat. Begitu pula dengan HOAX, informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggung jawabkan.
 

Photo by Chad Madden on Unsplash
 
3. Blok Akun Negatif
Sering mendapati konten negatif yang muncul di laman explore media sosial Anda? Terutama untuk konten yang berisi ujaran kebencian atau kalimat provokasi, Anda bisa langsung memblokir akun tersebut. Sebagai pengguna media sosial yang bijak, tentu tidak akan mudah terpancing apalagi sampai terlibat perdebatan di kolom komentar dengan pengguna lain.
Scroll To Top