ID | EN

Letak Jerawat di Wajah Menggambarkan Kesehatan Tubuh

Jerawat yang kerap muncul di wajah pastinya akan terasa menyebalkan, bukan? Ternyata letak jerawat bisa menandakan ada gangguan kesehatan pada tubuh.
 
Salah satu masalah umum yang terjadi pada wajah adalah munculnya jerawat. Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga sering menurunkan rasa percaya diri. Tapi jangan sesekali Anda memencetnya, ya, karena akan membuat kulit iritasi dan meninggalkan bekas yang bisa hilang dalam waktu yang lama. Ternyata menurut penelitian, ada kaitannya antara letak jerawat dengan kondisi kesehatan, lho. Berikut ini adalah letak sering munculnya jerawat serta kaitannya dengan kesehatan.
 
1. Dahi
Jerawat yang muncul di bagian dahi dapat berarti pencernaan Anda sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih dan makan makanan yang sehat. Selain itu, coba diingat-ingat apakah Anda suka memakai topi atau rambut Anda menggunakan poni? Ini juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di dahi. Pastikan Anda sering mencuci topi dan juga keramas dengan rutin.
 

Photo by Lida R on Unsplash 
 
2. Pipi
Jerawat di pipi dapat berarti ada gangguan pada sistem pernapasan Anda. Bagi Anda yang merokok, sebaiknya kurangi atau bahkan sebaiknya berhenti merokok terlebih dahulu. Pastikan juga Anda membersihkan make-up dengan benar untuk menghindari kotoran yang menumpuk hingga menyebabkan jerawat.
 
3. Dagu atau Rahang
Hormon yang tidak seimbang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di dagu atau bagian rahang. Untuk masalah kesehatan yang satu ini tidak dapat dicegah dengan pasti. Namun, Anda tetap harus menjaga gaya hidup yang sehat seperti tidur yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, dan perbanyak minum air putih.
 

Photo by Simona Toma on Unsplash 
 
4. Hidung
Sebenarnya hidung kita dipenuhi oleh pori-pori yang lebih besar dibanding bagian tubuh yang lain. Hal ini membuat pori-pori mudah tersumbat hingga menyebabkan munculnya jerawat. Jerawat di hidung juga bisa disebabkan oleh makanan pedas dan konsumsi daging yang terlalu banyak.
 
5. Telinga
Walaupun mungkin jarang terjadi, namun telinga juga tak terhindar dari jerawat. Saat jerawat muncul di telinga, mungkin asupan cairan tubuh sedang terganggu. Kurangi konsumsi kopi dan juga minuman bersoda.
 
Selain gangguan kesehatan di atas, jerawat juga bisa dicegah dengan menggunakan skincare yang tepat dan juga hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, ya.
Scroll To Top