ID | EN

Makna 5 Tradisi Imlek yang Selalu Meriah

Imlek merupakan salah satu hari raya yang dipenuhi oleh tradisi yang meriah. Di balik tradisi tersebut ada makna yang tersembunyi, lho...
Photo by Lauza Loistl on Unsplash
 
Saat banyak hiasan lampion, ornamen merah, hingga atraksi barongsai memeriahkan ibu kota, itu artinya Hari Raya Imlek sudah tiba. Bagi masyarakat keturunan Tionghoa, Imlek merupakan hari raya yang sangat dinanti-nantikan. Berbagai tradisi pun dilakukan sebelum hari raya hingga hari raya tiba. Masing-masing tradisi tersebut menyimpan makna tersendiri. Berikut ini adalah tradisi Imlek serta masing-masing maknanya.
 
1. Warna Merah
 
 
Imlek tak akan lengkap tanpa warna merah yang biasanya ditemukan dalam hiasan rumah, hingga warna baju yang dipakai saat kumpul bersama keluarga dan kerabat. Warna merah sendiri dapat berarti kemeriahan dan juga menggambarkan acara pesta. Merah juga dipercaya sebagai warna keberuntungan dan dipercaya bisa mengusir roh-roh pembawa nasib buruk.
 
2. Petasan atau Kembang Api
 
 
Petasan atau kembang api kerap ditemukan di hari raya besar. Bagi Imlek sendiri, petasan dan kembang api memiliki makna untuk menakuti monster yang disebut Nian. Menurut kisah, Nian dapat menyerang siapa pun termasuk anak-anak. Maka dari itu, petasan dan kembang api dinyalakan saat Imlek untuk mengusir serangan Nian.
 
3. Barongsai
 

Photo by Dyana Wing So on Unsplash  
 
Salah satu tradisi yang membuat Hari Raya Imlek semakin meriah adalah barongsai. Tarian yang dimainkan oleh dua orang dan menyerupai singa ini dipercaya dapat mengusir nasib buruk, aura negatif, hingga roh halus yang membawa hal negatif untuk manusia. Tradisi ini juga dipercaya dapat mendatangkan hoki atau keberuntungan.
 
4. Angpau
 

Photo by Mae Mu on Unsplash
 
Angpau adalah tradisi yang cukup dinanti-nanti saat Imlek, terutama untuk anak-anak. Angpau dipercaya membawa simbol keberuntungan dan kebahagiaan. Biasanya yang wajib memberikan angpau adalah mereka yang sudah menikah, hal ini dikarenakan memberi angpau juga menjadi simbol kepedulian terhadap sesama dan juga membawa kegembiraan.
 
5. Mengharapkan Hujan
 

Photo by Yiran Ding on Unsplash
 
Mungkin Anda sering dengar bahwa Hari Raya Imlek akan lebih baik lagi jika dirayakan saat hujan. Hal ini dikarenakan hujan dipercaya dapat membawa rezeki dan juga keberuntungan. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mengharapkan hujan turun saat Imlek.
 
Apa pun tradisi yang dilakukan, semoga dapat terus membawakan keberuntungan dan juga berkah bagi siapa pun. Selamat Hari Raya Imlek!
Scroll To Top