ID | EN

Medsos Vs SEO, Mana Yang Lebih Penting Untuk Bisnis?

Media pilihan untuk keberlangsungan bisnis di masa kini dan mendatang. Seberapa penting untuk bisnis Anda? Berikut ulasan singkatnya!
 
Medsos atau Media Sosial menjadi salah satu platform digital yang dapat menunjang keberlangsungan bisnis Anda. Selain menjadi faktor penunjang, Anda juga dapat memperoleh keuntungan secara materil, yang didapat dari Media Sosial Anda. Hampir di semua platform Media Sosial menerapkan sistem Monetisasi dan secara online. Anda akan mendapatkan keuntungan dari sebuah platform pada Akun yang Anda buat dan daftarkan.
 
Sebelum membahas lebih lanjut tentang Media Sosial, ada beberapa tipe akun yang dapat didaftarkan, yakni, apakah Anda membuat akun tersebut untuk pribadi atau bisnis. Manapun tipe akun yang Anda buat, keduanya tetap dapat dimonetisasi secara online dan menjadi sumber pendapatan.
 

Photo by Yasir Taher on Unsplash
 
Berikut adalah tipe akun media sosial yang sering dibuat oleh user secara online:
 
1. Celebgram / K.O.L (Key Opinion Leader), atau yang sering disebut dengan influencers
Akun ini biasanya dibuat dengan tujuan personal terlebih dahulu. Namun, ada beberapa juga yang digunakan untuk tujuan meraup keuntungan apabila Anda memiliki banyak followers, bahkan bisa menjadi sumber mata pencaharian apabila aktif digunakan.
 
2. Akun Bisnis, biasanya dibuat dan digunakan untuk profil/bio dari sebuah bisnis/perusahaan
Beberapa media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram, TikTok, Facebook, pun Youtube dan masih banyak media sosial lainnya dari dan di setiap negara. Nah, Tahukah Anda? Bahwa faktanya dari Media Sosial yang disebutkan tersebut, Youtube termasuk salah satu Media Sosial yang paling banyak digunakan oleh user online di Dunia, lho...
 

Photo by Benjamin Dada on Unsplash  
 
Lalu, bagaimana dengan peran SEO (Search Engine Optimization)?
SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu konten atau website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website. Dan, apabila penempatan konten/website Anda muncul pada halaman pertama di mesin pencari dengan keyword (kata kunci), maka akan memudahkan user online untuk mendapatkan informasi terkait brand/bisnis Anda. 
Dengan menempati halaman pertama atau urutan pertama di mesin pencari maka Anda akan lebih berpotensi untuk mendapatkan pengunjung atau benefit lain sesuai dengan target yang dibuat pada konten Anda.
 
Masih banyak pebisnis atau pengusaha yang melupakan peran dari SEO (Search Engine Optimization). Namun, pada nyatanya SEO (Search Engine Optimization) sangat dibutuhkan agar brand/bisnis dapat mudah dicari serta muncul  pada mesin pencarian secara berkala ketika dilakukan pencarian di internet. Ketika pembaca/user online menemukannya, dan mereka interest (tertarik) pada brand, produk, atau bisnis tersebut, maka dengan mudah juga brand/bisnis Anda akan ditemukan dan dikunjunginya. Atau, mungkin bisa juga sebagai alternatif, bahkan tolak ukur untuk sebagian warga net untuk memilih, menentukan, atau membeli sebuah produk/bisnis Anda.
 

Photo by taro ohtani on Unsplash
 
Berbeda dengan Media Sosial yang penggunaannya cenderung digunakan untuk update sebuah produk/bisnis, atau promosi. Berbicara tentang Media Sosial, tidak sedikit juga yang akhirnya hengkang atau beberapa diantaranya juga menjadi tidak populer lagi dari dunia online. Ketika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda menyiapkan platform Medsos lain untuk meng-cover kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apabila sewaktu-waktu Media Sosial tersebut sudah tidak aktif lagi, namun brand/bisnis Anda harus tetap aktif dan up-to-date.
 
Idealnya, baik Medsos maupun SEO (Search Engine Optimization), keduanya berjalan dan berkesinambungan. Apakah SEO (Search Engine Optimization) bisa untuk berpromosi? Tentunya tergantung preferensi atau pilihan Anda. Karena pada dasarnya keduanya dapat dilakukan untuk berpromosi secara online. Kalau menurut Anda dari dua platform ini manakah value yang lebih tinggi dan penting? Media Sosial atau SEO (Search Engine Optimization)
 
Apabila Anda berencana untuk membangun bisnis/brand secara efisien, terjangkau, dan efektif secara online, maka Anda harus mempertimbangkan kedua-duanya. Agar brand, bisnis, atau produk Anda mudah ditelusur dan dicari di platform manapun sesuai yang Anda miliki.
 

Photo by Arkan Perdana on Unsplash
 
Alinear Indonesia Collaboration & Partnership Program, merupakan media partner dan direkomendasi untuk melengkapi semua aktivitas online pada brand, bisnis, atau produk Anda, yang terintegrasi dan terencana dalam perencanaan konten digital yang konsisten dan berkelanjutan.
 
Kolaborasi & Kemitraan ini juga adalah salah satu program yang ditawarkan dan dapat dilakukan untuk semua kategori bisnis Anda. Baik itu bisnis Regular maupun Enterprise (B2C, B2B, Retail, Start-Up, dll...) yang melibatkan semua platform yang dimiliki untuk saling menghubungkan konten/promosi bisnis Anda.
 

Photo by Morgan Housel on Unsplash
 
Jadi, sekarang Anda tak perlu khawatir... Apapun bisnis yang Anda lakukan (cafe, restoran, hotel, guest-house, dlsb…), atau ingin untuk membuat campaign digital pada usaha/bisnis yang Anda geluti, tim kami Alinear Indonesia akan senantiasa meng-cover, mengulas, serta mengoneksikannya sesuai dengan Goals/Target Anda.
 
Ya, Kolaborasi dan kerjasama ini tidaklah gratis... Namun, dari penawaran yang direkomendasikan, Anda bisa memilih dan menentukan yang sesuai dengan pilihan kocek atau budget Anda. Alinear Indonesia adalah satu-satunya media/majalah  online yang menghubungkan aktivitas online, terintegrasi, dan fleksibel untuk melakukan promosi, konten marketingpun pemasaran online bagi seluruh kategori dan sektor bisnis, brand, atau produk usaha yang Anda miliki.
 
Sangat terjangkau dan terukur! Yuk, Download untuk lihat detail program!
Scroll To Top