ID | EN

Mengenal 10 Tradisi Natal Unik Di Dunia

Ternyata setiap tempat di dunia memiliki tradisi unik untuk merayakan Natal. Mau tahu negara-negara mana yang merayakan Natal dengan cara yang unik?
Photo by Jonathan Borba on Unsplash
 
Bagi umat Kristen, Hari Raya Natal merupakan perayaan kelahiran Yesus Kristus, Sang Isa Almasih. Tak hanya itu, Natal juga merupakan hari dimana orang berkumpul. menikmati hidangan khas Natal, dan bertukar kado bersama keluarga maupun kerabat terdekat. Sehingga dapat dikatakan Natal memiliki arti dan momen spesial di hati setiap orang yang merayakannya. Tentunya dalam merayakan Natal setiap tempat memiliki tradisi unik masing-masing. Yuk, kita intip tempat-tempat di dunia yang merayakan Natal dengan cara yang unik!
 

Photo by Thandy Yung on Unsplash
 
1. Venezuela
Janganlah heran bila mengunjungi Caracas, Venezulea, Anda akan melihat warga menggunakan sepatu roda untuk mengikuti Misa di Gereja. Bahkan beberapa diantaranya mengenaka kostum Santa Klaus sambil meggunakan sepatu roda.
 
2. Spanyol
Di daerah Catalunya, yang merupakan bagian dari wilayah Spanyol, memiliki tradisi unik yag tidak biasa. Warga memiliki tradisi membuat Tio de Nadal yang berupa sebagai wujud kotoran yang dipukul untuk mendapatkan hadiah. Hmmm, ada-ada saja…
 
3. Denmark
Berbeda di Greenland, Denmark. Di sini masyarakatnya memiliki tradisi Natal dengan makan hidangan bernama mattak. Makanan ini terbuat dari kulit ikan paus dengan sedikit lemak yang teksturnya kenyal. Rasanya bagaimana, ya?
 

Photo by Christian Bowen on Unsplash  
 
4. Guatemala
Seminggu sebelum perayaan Natal, masyarakat Guatemala biasanya membersihkan rumah mereka dan mengumpulkan tumpukan sampah. Pada saat Natal tiba, mereka meletakan patung iblis di atas tumpukan sampah tersebut, lalu dibakar.
 
5. Ukraina
Nah, kalau di Ukraina, bukan hal aneh jika masyarakatnya membuat jaring dan laba-laba palsu. Kok membuat jaring dan laba-laba? Hal ini dilatarbelakangi oleh sebuah legenda tentang perempuan miskin yang tidak bisa menghias pohon Natal miliknya, sehingga ia menghias pohon Natal dengan cara menutupnya dengan jaring laba-laba. Wah, kreatif juga!
 
6. Ceko
Kalau Natal di Republik Ceko, memiliki tradisi dimana para perempuan single melemparkan sepatu miliknya di depan rumahnya. Jika bagian depan sepatu menghadap kearah pintu, tandanya mereka akan menikah dalam kurun waktu setahun.
 
 
7. Belanda
Beralih Negeri Kincir Angin. Di negara ini memiliki tradisi unik, dimana sebagian besar anak-anak akan meletakkan sepatu di depan perapian. Keesokan harinya, sepatu tersebut akan diisi dengan hadiah spesial dari Santa Klaus.
 
8. Swedia
Masyarakat Swedia memiliki kebiasaan Natal yang menarik. Pasalnya, tidak seperti kebanyakan orang yang memakai kostum Santa Klaus untuk memberikan hadiah pada saat Natal. Melainkan mereka mengenakan kostum Yule Goat saat membagikan hadiah Natal.
 
9. Selandia Baru
Pada umumnya berbagai tempat di belahan dunia, merayakan Natal dengan pohon Natal dari pohon cemara yang dihiasi dengan berbagai macam lampu, serta ornamen khas yang cantik. Namun, di Selandia Baru, umumnya menggunakan pohon Pohutukawa sebagai pengganti pohon cemara, yang dihiasi dengan bunga crimson untuk merayakan Natal.
 
 
10. Indonesia
Last but not least, di negeri kita tercinta. Di daerah Papua, terdapat tradisi bernama Barapen. Tradisi ini merupakan tradisi Natal khas Papua yang digelar dengan membakar batu untuk memasak sayur dan daging babi. Setelah itu, dihidangkan dan dimakan bersama warga sekitar.
 
Itulah berbagai tradisi Natal yang unik yang diadakan di beberapa negara dunia. Kalau disuruh pilih di antara negara-negara di atas, Anda ingin mengalami perayaan Natal unik di mana?
Scroll To Top