ID | EN

Menginspirasi Melalui Kegiatan Mengajar di Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi mengajak para pekerja untuk berbagi pengalaman mereka di SD.

Pengabdian merupakan perbuatan yang sangat mulia, karena didasari rasa ikhlas dan peduli akan sesuatu. Mengabdi bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti sudah tidak ada orang yang memiliki jiwa seperti itu. Hal ini terbukti dengan hadirnya sekelompok pegiat sosial pendidikan yang telah mencetuskan Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi para profesional dari berbagai kalangan yang ingin memberikan kontribusi mereka dalam misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dengan berbagai latar belakang diharuskan cuti satu hari secara serentak dari pekerjaan mereka untuk mengunjungi sekaligus mengajar di Sekolah Dasar (SD). Hari tersebut dinamakan Hari Inspirasi.

Para relawan yang juga disebut sebagai relawan inspirator ini akan berinteraksi dengan murid-murid di sekolah untuk berbagi cerita tentang pengalaman kerja, sekaligus memberikan motivasi kepada murid-murid agar selalu semangat meraih impian mereka. Interaksi tersebut dilakukan guna membuka ruang komunikasi antar keduanya.

Photo Source: https://twitter.com/KI_Jakarta

“Kelas Inspirasi” pertama kali diadakan pada 25 April 2012 di 25 lokasi SD di Jakarta. Tujuan awal kegiatan ini adalah menjadi gerbang keterlibatan para profesional dengan realita dunia pendidikan dasar di lingkungannya, serta Indonesia pada umumnya.

Koordinator Kelas Inspirasi pun berharap dapat terus menemukan sekolah yang tepat sebagaimana yang direkomendasikan para pengajar, baik SD formal maupun marjinal. Marjinal di sini dapat dianggap sebagai SD yang sebagian besar muridnya berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Jika Anda tertarik menjadi relawan inspirator dalam kegiatan ini, berikut persyaratannya:

1. Profesional dengan pengalaman bekerja minimal dua tahun.
2. Bersedia cuti pada Hari Inspirasi
3. Bersedia hadir saat briefing dan refleksi (evaluasi)

Yuk, gabung menjadi relawan inspirator di Kelas Inspirasi!

Scroll To Top