ID | EN

Minyak Zaitun Membuat Hidup Sehat & Mengurangi Risiko Penyakit

Menurut penelitian terbaru dari American Heart Association (AHA), minyak Zaitun atau Olive oil ternyata memiliki kandungan lebih sehat dari yang kita bayangkan.
Photo by blackieshoot on Unsplash
 
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun extra-virgin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan osteoporosis. Jika Anda ingat apa yang dikatakan dokter Anda mengenai kolesterol, high-density lipoprotein (HDL) merupakan jenis kolesterol baik. Lemak sehat ini dapat ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, ikan berlemak, dan minyak zaitun. Ya! Minyak zaitun dapat memiliki efek positif pada kadar HDL tubuh Anda.
 
Seperti yang dilansir www.southernliving.com, dalam situs Eat This Not That mengarahkan kita ke studi baru yang dilakukan  oleh American Heart Association (AHA). Mereka menemukan bahwa ada manfaat lain dalam minyak zaitun, yaitu HDL juga dapat melawan peradangan yang dapat membantu mencegah serangan jantung. Tak hanya sampai di sana, dalam peneleitian ini juga ditemukan, bahwa ketika partikel HDL mampu menekan peradangan, mereka menurunkan kasus  penyakit kardiovaskular.
 
Photo by Edgar Castrejon on Unsplash
 
Sementara itu peningkatan kapasitas anti-inflamasi HDL lebih tinggi pada wanita daripada pria, ini menjadi kabar yang bermanfaat bagi Anda peduli dengan kesehatan jantung. Dalam dunia medis, dokter tidak akan meresepkan suntikan minyak zaitun untuk menangkal serangan jantung dalam waktu dekat. Berdasarkan dari penelitan ini, ada semakin banyak bukti (termasuk studi baru ini), yang menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu Anda agar tetap sehat.

Anda bisa mengolah atau menambahkan makanan yang Anda masak dengan minyak zaitun. Misalnya, Anda bisa mencoba membuat menu makanan, seperti minyak zaitun yang dijadikan sebagai cocolan untuk roti baguette sebagai makanan pembuka. Atau menyajikan ikan salmon panggang dengan perasan jeruk lemon dan minyak zaitun untuk makan malam malam, sehingga menjadikan rasa masakan menjadi lebih segar dan lezat! Selamat mencoba.
Scroll To Top