ID | EN

6 Rahasia Marketing Digital & Mitra Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui

Digital Marketing adalah bidang yang sangat luas di Internet, dan terus berkembang. Apakah kehadiran online terhadap brand/bisnis Anda sudah baik? Yuk, evaluasi di sini!
Photo by Elio Santos on Unsplash
 
Jika Anda tidak mengikuti tren terbaru dalam pemasaran dan tren digital, maka ada saatnya Anda merasa yang dilakukan tidak cukup efektif. Dalam ulasan ini, Alinear Indonesia akan membagikan beberapa kiat-kiat yang akan membantu Anda meningkatkan kehadiran brand online Anda, dan menghasilkan lebih banyak leads untuk usaha bisnis Anda! Kami juga akan memberikan saran yang konkret tentang bagaimana Anda dapat memasukkan strategi ini ke dalam rencana pemasaran digital Anda. Yuk, telusuri lebih lengkapnya di bawah ini!
 
Rahasia #1 Tahukah Anda? Bahwa Statistik Pemasaran Digital menunjukkan bahwa Email Marketing atau Newsletter merupakan ROI (Return Of Investment) yang cukup baik?
 

Photo by Maxim Ilyahov on Unsplash
 
Email Marketing/Newsletter dapat menghasilkan ROI (Return Of Investment) lebih pada bisnis Anda, seperti yang terlansir di https://www.groupbuyseotools.net/. Ini menunjukan bahwa peran E-mail marketing atau yang biasa disebut newsletters dibutuhkan agar mendorong kehadiran bisnis Anda yang berkelanjutan. Bahkan, dengan memiliki data E-mail (customer), Anda akan dapat selalu in-touch dengan customer Anda yang menunjukan bahwa brand Anda Hidup! Jika Anda masih belum menggunakan pemasaran email untuk menjangkau pelanggan pilihan Anda, sekarang adalah waktu terbaik untuk memulai!
 
Rahasia #2: Kehadiran Video Marketing Terhadap Brand/Bisnis Anda
 

Photo by Kaleidico on Unsplash
 
Salah satu metode pemasaran digital paling efisien yang tersedia saat ini adalah dengan menggunakan video, lalu dipasarkan secara online. Video jauh lebih mungkin untuk dibagikan daripada jenis konten lain menurut penelitian. Berbeda dengan berbagi gambar dan teks jika digabungkan, video dapat diindikasikan 1200 kali lebih populer, lho! Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan betapa pentingnya video dalam dunia teknologi digital saat ini. Tahukah Anda bahwa Youtube adalah salah satu media yang sangat populer? melebihi social media seperti Facebook, Instagram, atau TikTok, menurut data yang berkembang pada tahun 2021-2022 (Global). Jadi, cobalah untuk membuat Video baik itu dikemas secara podcast ataupun review tentang bisnis Anda.
 
Rahasia #03: Tahukah Anda Bahwa Algoritma pada pencarian Google selalu berubah? Inilah pentingnya SEO (Search Engine Optimize) terhadap Brand Anda.
 

Photo by Thom Holmes on Unsplash
 
Penting diingat bahwa SEO (Search Engine Optimizer) sangat penting untuk diperhatikan selain dari kehadiran brand Anda di media sosial seperti Meta atau TikTok. Bahwasannya apabila Anda aware dengan SEO, maka brand Anda secara tidak langsung akan ditelusur secara organik. Lebih baik lagi, apabila Anda mengetahui media mana saja yang memiliki SEO yang baik. Karena tidak semua media menerapkan metode SEO. Pada umumnya, setiap media komersial, akan memiliki porsi dan kekuatannya sendiri-sendiri. Tahukah Anda? Bahwa SEO juga merupakan strategi yang akan Anda dapatkan untuk jangka panjang? Pilihlah media yang baik untuk brand atau bisnis Anda sesuai dengan tujuan. Namun, SEO pada dasarkan akan diperlukan hampir disemua sektor brand/bisnis. Bagaimana tidak? Terbukti bahwa setiap user online, pasti akan mengakses search engine untuk penelusuran yang dicari. Ketika kata kunci match dengan kata kunci (keyword) pada brand atau bisnis Anda, maka potensi kehadiran brand/bisnis Anda akan sangat tinggi.
 
Rahasia #4: Facebook Masih Menjadi Raja Dalam Dunia Media Sosial
 

Photo by geo uc on Unsplash
 
Terlepas dari semua platform digital yang muncul belakangan ini, Facebook masih menjadi platform media sosial paling populer. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, Facebook masih berperan memberi peluang bisnis Anda untuk menjangkau pelanggan. Iklan Facebook memiliki rasio klik-tayang rata-rata 0,90 persen yang lebih banyak daripada media pemasaran lainnya. Selain itu, iklan Facebook memiliki tingkat konversi rata-rata 11,45 persen lebih besar, lho.
 
Rahasia #5: Mobile Friendly atau disebut sebagai Mobile Responsive Web. Memiliki Web yang responsif adalah keharusan terhadap sebuah brand/bisnis. Sekaligus, sebagai salah satu Identitas Brand Anda.
 
 
Pernahkah Anda mendengar bahwa lebih dari 60% dari semua traffic ke situs web datang melalui perangkat seluler? Nah, hal inilah yang menunjukkan pentingnya perusahaan untuk membuat website yang mobile-friendly. Jika situs Anda tidak dioptimalkan untuk perangkat seluler dan tablet, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk terhubung dengan target market (online user) yang dapat sebenarnya dapat terjangkau. Dengan cara inilah, Anda akan memastikan bahwa situs web Anda dapat diakses. Selain itu, situs web yang sesuai untuk seluler lebih cenderung akan mendapat peringkat yang lebih tinggi di hasil Google (Browsers).
 
Jika Anda tidak yakin apakah situs Anda mobile-friendly dan Anda ingin mengetahuinya, Google menawarkan alat Pengujian Ramah Seluler untuk pengujian gratis. Hal ini akan memberikan hasil kepada Anda tentang penilaian kinerja situs web Anda. Jadi, Anda dapat segera memperbaikinya atau memodifikasi situs Anda menjadi lebih baik. Selain itu, pastikan bahwa loading data/konten situs Anda cepat, yaa. Karena hal tersebut juga akan mempengaruhi pencarian brand/bisnis di search engine atau internet.
 
Rahasia #6: Konten Is KING! Ya, apabila Anda memiliki konten di internet yang mudah ditelusur, maka Konten akan membuahkan hasil secara Jangka Panjang terhadap bisnis Anda.
 

Photo by Szabo Viktor on Unsplash
 
Terlepas dari teknik pemasaran digital lainnya, konten tetap menjadi RAJA. Untuk terhubung dengan pelanggan ideal Anda, Anda harus membuat konten yang relevan dan berkualitas agar terhubung dengan user atau pengguna internet (online). Jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencari ahensi atau profesional yang memiliki pengalaman baik untuk bagaimana brand/bisnis bisa hadir secara online. Lebih baik lagi apabila Anda melakukannya dengan metode 360 terhadap konten yang Anda miliki. Alinear Indonesia dapat membantu Anda dalam hal ini. Yaitu, membuat perencana dan jenis konten yang sesuai dengan minat pelanggan Anda, serta membantu agar brand/bisnis Anda tetap ramah terhadap mesin telusur.
 
Selain Anda akan mendapatkan konten-konten digital, baik itu berupa publikasi online (editorial/tulisan), Alinear juga memikirkan untuk rencana jangka panjang terhadap strategi-strategi digital yang akan dijalankan untuk Anda. Misalnya, audio, video, iklan digital (online ads), dan juga bagaimana menghubungkan konten brand/bisnis Anda pada media sosial, SEO, serta aktivitas digital lainnya yang berkesinambungan.
 
 
Yuk, coba pikirkan kembali bagaimana keberadaan brand/bisnis Anda secara online. Pasca Pandemi seperti sekarang ini, identitas digital terhadap kehadiran Anda (brand) akan sangat dibutuhkan. Apabila Anda masih belum tahu kemana Anda akan melangkah, cobalah ikuti program Mitra Bisnis Alinear Indonesia. Dimana, di dalam program ini, Anda tidak perlu khawatir lagi mau memulai dan membuat konten Anda. Tim Alinear Indonesia akan menjadi Tim Digital bagi Anda baik untuk UMKM, Bisnis sedang (medium business), ataupun bisnis enterprise. Dalam program ini, Alinear dan Para Mitra akan saling berkolaborasi dan kerjasama secara bersama-sama! Bahkan Mitra & Mitra pun dalam berkolaborasi. Inilah cara yang baru untuk mulai brand/bisnis Anda secara online yang benar serta ter-organize dengan baik! Silahkan klik link berikut untuk mendaftar!
Scroll To Top